Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Timor Leste, Gubernur Viktor Berdansa Diiringi Alunan Suara Mari Alkatiri

Kompas.com - 11/12/2018, 14:23 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan kerja ke Distrik Oekusi, Timor Leste, Senin (10/11/2018) kemarin.

Dalam kunjungan itu, Viktor didampingi pimpinan daerah di daratan Pulau Timor. Antara lain Wali Kota Kupang Jefry Riwu Kore, Bupati Kupang Korinus Masneno, Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandes, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, Wakil Bupati Belu JT Ose Luan dan Plt Bupati Timor Tengah Selatan Marthen Selan, serta sejumlah pejabat lainnya.

Kedatangan mereka disambut oleh Presiden Otonomi Khusus Oekusi, Mari Alkatiri dan beberapa orang pejabat Timor Leste.

Viktor diterima dengan upacara adat setempat dan juga tarian gong dan bidu.

Dalam lawatan perdanannya di Timor Lestr rersebut, Viktor mengunjungi PLN di daerah Sakato, Hospital Umum di daerah Santa Roja, Jembatan Noefefan, menanam pohon cendana di halaman depan Bandara Internasional Oekusi dan memberikan sambutan di hadapan ratusan warga di Pante Makasar, Oekusi.

Usai memberikan sambutan, Viktor diberikan kesempatan bernyanyi bersama wali kota dan bupati di seluruh daratan Timor.

Baca juga: Gubernur NTT: Di Taman Nasional Komodo, Manusia Boleh Mati tapi Komodo Tidak

Setelah Viktor bernyanyi, Presiden Otonomi Khusus Oekusi Mari Alkatiri pun bernyanyi.

Saat Mari bernyanyi lagu Timor Leste, Viktor kemudian berdansa bersama seorang perempuan asal Oekusi. Viktor berdansa hingga lagu yang dinyanyikan Mari selesai.

Keakraban ini semakin terlihat ketika Viktor Laiskodat bersama Mari Alkatiri melakukan tos persaudaraan di hadapan masyarakat Timor Leste dan masyarakat Indonesia yang hadir dalam kegiatan tersebut

Dalam sambutannya, Viktor Laiskodat mengatakan, NTT dengan negara Timor Leste merupakan dua negara yang tidak bisa dipisahkan, karena masih berada dalam satu daratan di Pulau Timor.

Ia berharap agar dalam kunjungan persahabatan ini, pemerintah Indonesia dan Timor Leste tidak lagi mempersoalkan patok batas negara, namun saling bekerja sama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di dua negara yang saling berbatasan.

Baca juga: Sebut Komodo Makan Anaknya Sendiri, Gubernur NTT Ancam Ambil Alih Taman Nasional

Mari Alkatiri menyambut baik kehadiran gubernur NTT dan berkomitmen untuk menjaga tali persaudaraan serta keakraban yang selama ini sudah terjalin.

"Kami berharap, ke depannya pemerintah NTT dan negara Timor Leste dapat bekerja sama baik dalam bidang ekonomi sosial dan budaya untuk membangun kedua negara yang saling berbatasan," kata Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com