Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer: Kisah Juragan Lele Hasilkan Rp 100 Jutaan Per Hari dan PHK Besar-besaran

Kompas.com - 11/12/2018, 05:41 WIB
Ana Shofiana Syatiri

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Berikut lima artikel populer Kompas.com, Selasa (11/12/2018) pagi ini.

1. Kisah juragan lele berpenghasilan Rp 100 jutaan per hari

Saat ini, setiap hari Maman memanen lele lebih dari 7 ton. Jika harga terendah sekilogram lele dari peternak Rp 15.000 seperti sekarang, maka pendapatan kotor Maman setiap hari 7.000 x Rp 15.000 = Rp 105 juta.

Sekurangnya ada tiga juragan lele sekelas Maman di Desa Krimun. Sementara desa tetangganya, Puntang, memiliki sekurangnya dua juragan lele sekelas Maman. Itu artinya, setiap hari di kedua desa tersebut panen lele sampai puluhan ton.

“Tapi jangan bayangkan usaha budidaya lele ini selalu lancar ya. Sampai sekarang saya masih sering tertipu para pengepul lele di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), terutama Jakarta. Saat ini uang saya yang masih tercecer di antara mereka masih sekitar Rp 500 juta. Puluhan juta lainnya lenyap,” ungkapnya.

Tertarik dengan kisah Maman? Baca selengkapnya di sini.

2. Transkrip detik-detik pembunuhan Jamal Khashoggi

Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober.via Sky News Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober.
Jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, sempat melawan tim beranggotakan 15 orang yang dikirim untuk membunuhnya. Kejadian tersebut merupakan cuplikan dari transkrip yang berasal dari rekaman bukti pembunuhan jurnalis berusia 59 tahun itu.

Transkrip itu dipaparkan sumber yang menangani investigasi itu, seperti dilansir CNN pada Minggu (9/12/2018), dan menunjukkan rencana eksekusi untuk membunuh Khashoggi.

Baca selengkapnya bagaimana Khashoggi dibunuh dalam tautan ini.

3. PHK besar-besaran perusahaan "cleaning service" terbesar di dunia

PT Indonesia Servant Service (ISS) merupakan perusahaan yang menyediakan jasa cleaning service di Jakarta International School (JIS), Rabu (7/5/2014).KOMPAS.COM/YOHANES DEBRITHO NEONNUB PT Indonesia Servant Service (ISS) merupakan perusahaan yang menyediakan jasa cleaning service di Jakarta International School (JIS), Rabu (7/5/2014).
Perusahaan layanan kebersihan atau cleaning service terbesar di dunia asal Denmark, ISS A/S, berencana memangkas sekira 100.000 karyawan. Angka tersebut mencakup seperlima dari jumlah karyawannya di seluruh dunia.

Rencana pengurangan jumlah karyawan tersebut sejalan dengan hengkangnya ISS dari 13 negara yang dianggap kurang memberikan kontribusi laba.

Dikutip dari AFP, Senin (10/12/2018), CEO ISS Jeff Gravenhorst menyatakan, 13 negara yang dimaksud sebagian besar adalah negara-negara berkembang, termasuk di Asia dan Eropa Timur.

Pada saat bersamaan, ISS pun membidik peningkatan kerja sama bisnis dengan klien-klien utama, seperti perbankan global.

Selengkapnya baca di link ini.

4. Lingkaran setan pinjaman "online"

LBH Jakarta memaparkan dugaan pelanggaran aplikasi pinjamna online di kantor LBH, Jakarta, Minggu (9/12/2018).Ambaranie Nadia LBH Jakarta memaparkan dugaan pelanggaran aplikasi pinjamna online di kantor LBH, Jakarta, Minggu (9/12/2018).
Adanya aplikasi pinjaman online alias fintech peer to peer lending membuat masyarakat semakin mudah melakukan pinjaman uang tanpa melalui bank yang memililki birokrasi berbelit-belit atau menggadai barang.

Apalagi, syarat yang diajukan cukup mudah, hanya perlu menyerahkan salinan KTP, lembar pertama buku tabungan, dan dokumen lainnya. Saking mudahnya, penggunaan aplikasi ini seolah candu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com