Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Selidiki Senjata yang Digunakan Serka KC Bunuh Diri dan Tembak 3 Warga Prabumulih

Kompas.com - 07/12/2018, 20:09 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.comSatuan Subden POM II/4 Prabumulih, Sumatera Selatan bersama jajaran polres setempat masih melakukan penyelidikan atas penembakan 3 warga sipil oleh Serka KC.

Serka KC dalam insiden tersebut dinyatakan meninggal, usai bunuh diri dengan menembakkan senjata ke bagian kepala setelah menembak ketiga korban yakni Faisal (44), Zainal Imron (45), dan Luken (30).

Kapendam II Sriwijaya  Kolonel Djohan Darmawan mengatakan, meskipun Serka KC telah meninggal, proses penyelidikan masih terus berlanjut untuk mengungkap motif kejadian itu.

“Proses penyelidikan masih terus berlanjut, Danrem di sana, Denpom di sana bersama polres mengungkap motifnya. Mengusut tuntas kaitannya ke mana,” kata Djohan saat dikonfirmasi, Jumat ( 7/12/2018).

Baca juga: Kronologi Serka KC Tembak Tiga Kepala Warga Prabumulih hingga Tewas

Djohan melanjutkan, jajaran TNI akan bekerja secara profesional mengungkap kasus Serka KC yang diduga menjadi pelaku dari penembakan itu.

Namun, soal penggunaan senjata, mereka masih melakukan penyelidikan apakah itu senjata organik atau bukan.

“Senjatanya masih penyelidikan apakah senjata organik ataupun senjata rakitan, masih dalam penyelidikan dari POM karena tidak ada nomornya, kalau dari kami (TNI) kan jelas,” ujarnya.

Sebelumnya, dari hasil penyelidikan sementara, motif Serka KC nekat menembak mati Faisal dan dua rekannya yang lain dikarenakan dugaan utang piutang. 

Serka KC sempat mendatangi kediaman korban bersama Zainal dan Luken di Jalan Aroe Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, pada Kamis (6/12/2018).

 Setiba di sana, Serka KC dan Faisal terlibat adu mulut, ia langsung menembak korban di bagian kepala, begitu juga dengan dua rekannya yang lain yakni Zainal dan Luken.

 Ketiga korban ditemukan tewas di samping teras rumah Faisal.

Kompas TV Tiga orang tewas akibat ditembak di Prabumulih, Sumatera Selatan. Ketigawarga Prabumulih yang ditemukan tewas dengan luka tembakan di bagian kepala, yakni Faisal, ZainalImron, dan Luken. Ketiganya ditemukan tewas di kursi dan teras rumah korban Faisal di Jalan Aru, Kelurahan Gunung Ibul Barat, Prabumulih Timur.<br /> <br /> Selain ketiga korban penembakan, seorang anggota TNI berinisial Serka CK juga ditemukan dalam kondisi kritis akibat luka tembak di Perumnas GPE di Gunung Ibul, Prabumulih, yang tak jauh dari lokasi penembakan ketiga korban.<br /> <br /> Serka CK saat ini dalam kondisi kritis dan telah dilarikanke rumah sakit umum Prabumulih, setelah diduga berupaya bunuh diri.<br /> <br /> Polisi masih menyelidiki kaitan peristiwa ini, termasuk menyelidiki dugaan bahwa Serka CK merupakan pelaku penembakan ketiga korban.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com