Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Waereca Manggarai Timur Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Kompas.com - 07/12/2018, 11:30 WIB
Markus Makur,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Sungai Waereca di Kecamatan Borong meluap pada Jumat (7/12/2018). Akibatnya, ratusan rumah warga di dua kelurahan dan satu desa terendam banjir

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, Antonius Dergong menjelaskan, hujan deras di kawasan pegunungan di Kabupaten Manggarai Timur dalam beberapa hari terakhir membawa dampak pada meluapnya sungai Waereca.

Akibatnya, dua kelurahan dan satu desa terkena dampaknya. Yakni Kelurahan Waereca dan Kota Ndora serta Desa Nanga Labang di Kecamatan Borong.

Baca juga: Akibat Hujan Deras dan Abrasi, Dermaga Borong di Manggarai Timur Nyaris Ambruk

Dergong menjelaskan, sungai Waereca sangat sempit sehingga saat air dalam debit besar datang dari kawasan pegunungan, maka sungai itu meluap. 

Luapan air sungai selain merendam rumah warga juga merendam areal persawahan di tiga wilayah tersebut. 


"Saya sudah mengunjungi lokasi ratusan rumah warga terendam banjir. Staf saya sedang mendata rumah warga yang terendam banjir," jelasnya.

Baca juga: Hujan Deras, Jalan Masuk Dermaga Borong, Manggarai Timur Jebol

Dergong menjelaskan daerah aliran sungai merupakan kawasan rawan bencana banjir. Untuk itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan Camat Borong dan instansi terkait untuk merelokasi warga yang berada di sekitar daerah aliran Sungai Waereca.

"Semua peristiwa bencana ini siap dilaporkan ke BPBD Propinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang dan BPBD Nasional. Staf BPBD Manggarai Timur sedang mendata kerugian rumah yang terkena dampak meluapnya Sungai Waereca, " jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com