Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata BMKG soal Angin Puting Beliung di Batutulis Bogor

Kompas.com - 07/12/2018, 09:40 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS com - Angin puting beliung yang terjadi di wilayah Batutulis, Bogor bagian selatan, pada pukul 15.00 WIB, Kamis (6/12/2018) kemarin, menyebabkan empat mobil tertimpa pohon tumbang dan rumah rusak karena atap rumah terbang.

Kepala Stasiun BMKG Bandung Toni Sukma Wijaya menjelaskan kondisi atmosfer berdasarkan citra satelit himawari, antara pukul 14.30 - 15.30 WIB terpantau awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus meliputi wilayah kota Bogor bagian selatan.

"Awan tersebut dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, puting beliung serta kilat atau petir," ujar Toni melalui pesan singkatnya, Jumat (7/12/2018).

Alhasil, pusaran angin lemah di selat Sunda sebelah barat Jawa Barat membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) dan perlambatan angin di wilayah Jawa Barat.

Baca juga: Puting Beliung Landa Bogor, Satu Orang Tewas, 50 Rumah Rusak

 

"Hal ini mendukung terbentuknya suplai awan hujan di wilayah Jawa Barat," tuturnya.

Ke depan, prakiraan cuaca BMKG memperlihatkan masih ada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, kilat atau petir di wilayah Bogor.

Meski begitu, Toni mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada, serta menjauhi pohon-pohon yang rindang atau bangunan-bangunan yang rapuh.

"Usahakan tidak keluar rumah di saat hujan lebat disertai angin kencang, petir atau kilat. Bagi pengendara motor agar menghindari genangan air dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan lebat disertai angin," pesan Toni. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com