Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Terendam, Korban Banjir di Bangka Barat Enggan Mengungsi

Kompas.com - 07/12/2018, 07:08 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Otoritas penanggulangan bencana memastikan tidak ada gelombang pengungsian meskipun puluhan rumah terendam banjir di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Warga bertahan di rumah masing-masing setelah air di Kali Culong mulai surut.

"Tidak ada yang mengungsi. Baik itu di kawasan Kali Culong maupun Kampung Ulu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa kepada Kompas.com, Kamis (6/12/2018).

Dia menuturkan, warga di wilayah terdampak banjir tetap diminta siaga karena meskipun air mulai surut, hujan intensitas sedang serta gerimis masih mengguyur.

Baca juga: Puluhan Rumah dan Jembatan Terendam Banjir di Bangka Barat

Sebelumnya di dua kawasan tersebut luapan banjir merendam sedikitnya 40 rumah dan infrastruktur jembatan dengan ketinggian air 50 sentimeter sampai 1 meter.

Banjir berulang yang kerap terjadi di daerah Bangka Barat diduga membuat warga menjadi terbiasa untuk bertahan di rumah masing-masing.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkal Pinang memperkirakan wilayah Mentok Bangka Barat masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Selain itu ada bahaya petir dan angin kencang yang patut diwaspadai masyarakat.

Selain daerah Mentok, Bangka Barat, hujan ringan disertai angin kencang diprediksi masih melanda sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com