Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Perawatan Anjlok, Penumpang KA Bisa Batalkan Perjalanan dan "Refund" Tiket

Kompas.com - 04/12/2018, 10:10 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung akan mengembalikan uang tiket 100 persen bagi penumpang yang memilih membatalkan perjalanan.

“Kami memberikan kesempatan kepada penumpang yang akan membatalkan perjalanan dengan pengembalian bea 100 persen,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus dalam rilisnya, Selasa (4/12/2018).

Joni menjelaskan, atas nama PT KAI Daop 2 Bandung ia memohon maaf atas terganggunya perjalanan kereta api mulai dini hari tadi hingga pagi ini.

Baca juga: Kereta dari Bandung ke Jakarta Tertahan Lebih 2 Jam karena KA Anjlok, Penumpang Resah

"Pada pukul 02.20 WIB telah terjadi anjlokan KPJR (Kereta Perawatan Jalan Rel) di Km 153 + 1/2 antara Stasiun Padalarang-Stasiun Cilame," kata Joni.

Akibatnya, beberapa perjalanan kereta api mengalami gangguan pada jadwal keberangkatan dan kedatangan dari dan menuju Bandung.

Beberapa kereta yang terganggu kedatangannya adalah kereta-kereta dari arah barat menuju Bandung atau sebaliknya.

Baca juga: Kereta Perawatan Anjlok di Cilame-Padalarang, Berikut Daftar Kereta yang Alami Keterlambatan

Menurut Joni, ada 3 KA Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Bandung, 2 KA Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir, KA Harina dari Surabaya Pasarturi menuju Bandung.

Kemudian KA Ciremai dari Bandung menuju Semarang Tawang, dan KA Lokal keberangkatan Purwakarta menuju Padalarang yang mengalami keterlambatan.

“Alhamdulillah sekarang jalur sudah normal dan bisa dilalui lagi pada puku 07.30 WIB, kereta pertama yang bisa melintas adalah KA Argo Parahyangan Tambahan dari Bandung menuju Jakarta dengan jadwal keberangkatan Bandung pukul 04.15 WIB," imbuhnya.

Baca juga: 2 Kereta Perawatan Anjlok, KA Rute Bandung-Jakarta dan Bandung-Surabaya Terganggu

Adapun kecepatan di lokasi masih kami batasi 5 km per jam. Mengenai penyebab kejadian, menurut Joni hal tersebut masih dalam penyelidikan

Untuk kereta yang mengalami keterlambatan di stasiun diberikan service recovery berupa snack. Namun pihaknya mempersilakan penumpang yang akan membatalkan perjalanan dengan pengembalian bea 100 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com