Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik HUT OPM di Papua, 500 Personel TNI-Polri Dikerahkan hingga Status Siaga Satu

Kompas.com - 03/12/2018, 17:47 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ratusan aparat gabungan TNI-Polri di Papua disiagakan untuk mengantisipasi hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada hari Sabtu (1/12/2018) lalu.

Aparat tidak mau kecolongan adanya gangguan keamanan ataupun pengibaran bendera Bintang Kejora. Pengibaran bendera Bintang Kejora sering terjadi pada HUT OPM tersebut.

Papua pun dinyatakan siaga satu sejak hari Jumat (30/11/2018) hingga Senin (3/12/2018).

Berikut ini fakta di balik pengamanan aparat di saat HUT OPM di Papua:

1. 500 personel gabungan TNI-Polri disiagakan di Papua

Personel TNI - Polri yang disiagakan di Mimika untuk mengantisipasi HUT OPM pada 1 Desember 2018. Ratusan personel ini saat mengikuti apel siaga di Lapangan Timika Indah,  Jumat (30/11/2018)KOMPAS.com/Irsul Panca Aditra Personel TNI - Polri yang disiagakan di Mimika untuk mengantisipasi HUT OPM pada 1 Desember 2018. Ratusan personel ini saat mengikuti apel siaga di Lapangan Timika Indah, Jumat (30/11/2018)

Sebanyak 500 personel gabungan TNI-Polri disiagakan di Mimika, Papua, untuk mengantisipasi aktivitas pada hari Sabtu (1/12/2018) yang diklaim sebagai hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kabagops Polres Mimika AKP Andyka Aer mengatakan, ada sejumlah titik di Kota Timika yang menjadi fokus pengamanan, seperti di Jalan Sosial dan Lapangan Timika Indah.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bentuk kegiatan dalam memperingati HUT OPM maupun pengibaran bendera bintang kejora yang kerap dilakukan sekelompok warga.

Selain menempatkan personel di titik-titik tertentu, aparat TNI - Polri juga melakukan patroli keliling kota hingga pinggiran kota, serta melakukan razia kendaraan di sejumlah lokasi sejak Jumat malam.

Baca Juga: HUT OPM, Siaga Satu Ditetapkan di Timika

2. Siaga satu ditetapkan selama 4 hari

Peringatan Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Purwakarta dimeriahkan dengan defile pasukan TNI-Polri, Kamis (17/8/2017) KONTRIBUTOR TASIKMALAYA/IRWAN NUGRAHA Peringatan Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Purwakarta dimeriahkan dengan defile pasukan TNI-Polri, Kamis (17/8/2017)

"Untuk status siaga ditetapkan siaga satu. Mulai Jumat hingga Senin (3/12/2018) pagi," kata AKP Andyka, Jumat (30/11/2018) malam.

Sementara itu, saat apel hari Jumat pagi, Pjs. Kapolres Mimika AKBP Fernando Sanches, mengatakan kepada seluruh personel untuk mengamankan diri sendiri dengan cara saling mengenal satu dengan yang lain serta mengusahakan pendekatan tanpa kekerasan kepada warga.

"Untuk itu, selama melakukan monitoring lapangan dia mengharapkan kepada anggota untuk tidak bertindak arogan," tutur Shances.

Baca Juga: TNI di Papua Diminta Waspada Pasca-pembunuhan 2 Tentara oleh OPM

3. TNI tindak tegas pengibaran bendera Bintang Kejora

Bendera Papua merdeka.Reuters/SMH Bendera Papua merdeka.

Dandim 1710 Mimika Letkol Pio L Nainggolan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terlibat dalam aksi separatis saat HUT OPM tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com