Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin: Reuni Akbar 212 Ekspresi Politik Biasa, Jangan Sampai Ditunggangi

Kompas.com - 02/12/2018, 15:58 WIB
Reni Susanti,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, aksi reuni 212 merupakan ekspresi politik biasa yang menjadi hak demokrasi masyarakat Indonesia.

"Itu ekspresi politik biasa, hak demokrasi. Yang penting jangan ditunggangi ide-ide khilafah," katanya, di Bandung, Minggu (2/12/2018).

Baca juga: Anies Sebut Reuni 212 Jadi Berkah untuk Ekonomi Rakyat Kecil

Mengenai salah satu pasangan capres-cawapres yang menghadiri aksi tersebut, pria yang disapa Cak Imin ini mengatakan, hal itu memperjelas bahwa aksi tersebut merupakan proses politik.

"Itu kampanye yang tidak langsung. Yang penting jangan sampai ditunggangi," imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, PKB Jabar Fest for 2019 yang diadakan bersamaan dengan aksi reuni 212 bukanlah aksi tandingan.

Baca juga: Pidato Lengkap Prabowo di Depan Peserta Reuni Akbar 212

PKB Jabar Fest for 2019 digelar PKB dalam rangka merebut hati rakyat Jabar memenangkan PKB di 2019. Acara yang dihadiri sekitar 7.000 orang ini dihadiri para kader kota/kabupaten di Jabar, tokoh PKB, menteri dari PKB, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Itu kebetulan saja (tanggalnya sama)," tegasnya.

Cak Imin menghormati aksi 212. Ia berharap aksi tersebut memberikan harapan dan optimisme bagi masa depan bangsa.

Baca juga: Usai Reuni 212, Massa Inisiatif Kumpulkan Sampah

Sebelumnya diberitakan, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, berpidato di depan peserta reuni akbar 212 di kawasan Monumen Nasional, Minggu.

Prabowo datang ke acara tersebut bersama dengan tokoh-tokoh lain seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Baca juga: Panitia Umumkan Identitas Orang Hilang setelah Reuni Akbar 212 Berakhir

 

Dalam pidatonya, Prabowo berterima kasih karena telah diundang di acara ini. Berikut ini adalah pidato lengkap Prabowo dalam reuni akbar 212:

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebagai insan yang bertakwa, insan yang beragama, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur pada Allah SWT. Kita masih diberi kesehatan, masih diberi nafas untuk berkumpul di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat walafiat, dalam keaadaan penuh persaudaraan, penuh persatuan, penuh ketertiban.

Saudara-saudara sekalian, sholawat dan salam kita tujukan kepada junjungan kita baginda nabi besar Muhammad SAW yang telah memberi kepada kita agama dan peradaban.

Saya tidak akan panjang panjang bicara karena sebagaimana kalian ketahui, saya sekarang telah mendapat tugas sebagai calon presiden Republik Indonesia dan karena itu saya harus patuh dan mengikuti semua ketentuan, saya tidak boleh bicara politik dalam kesempatan ini. Saya tidak boleh kampanye.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com