Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Joglosemarkerto Sediakan Kursi untuk Penumpang Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 30/11/2018, 17:58 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Belasan kursi untuk penumpang berkebutuhan khusus disiapkan di KA Joglosemarkerto. KA relasi Yogyakarta, Solo, Semarang dan Purwokerto itu akan mulai beroperasi dari Semarang, pada Sabtu (1/12/2018) pagi, pukul 05.30 WIB.

Rute pertama yang akan dilalui yaitu dari Stasiun Semarang Tawang, menuju Stasiun Yogyakarta. Rutenya yaitu melewati Kendal, Pekalongan, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta. Setelah Yogya, dilanjut Solo, Kedungjati, Brumbung, Karangjati, Alastua dan kembali ke pemberangkatan awal.

"Total jarak tempuh KA ini mengelilingi jalur rel di wilayah Jawa Tengah adalah 579 km," ucap Yosita, Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (30/11/2018).

Peluncuran KA tersebut ditujukan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat Jawa Tengah, sekaligus mendorong program peningkatan kunjungan pariwisata.

Baca juga: Per 1 Desember, Kereta Joglosemarkerto Hubungkan Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto

KAI menyiapkan rangkaian gerbong dengan total kursi sebanyak 660. Rinciannya, 100 kursi kelas eksekutif dan 560 kelas ekonomi, dimana 16 kursi diantaranya untuk penumpang berkebutuhan khusus.

KA Joglosemarkerto menyediakan total 660 kursi dalam setiap perjalanan.

"Setiap hari ada 3 titik pemberangkatan, pertama dari Stasiun Semarang Tawang pukul 06.15 WIB, kedua Stasiun Solo Balapan pukul 06.00 WIB dan ketiga Stasiun Purwokerto pukul 05:00 WIB," tambahnya.

Sementara untuk tarif KA Joglosemarkerto dihitung berdasar jarak tempuh dan jenis layanan keretanya. Dalam masa perkenalan, ada diskon sebesar 10 persen.

"Tiket bisa dipesan melalui channel-channal eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi KAI Access dari ponsel," tandasnya. 

Baca juga: KA Relasi Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto Diluncurkan, Ini Daftar Tarifnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com