Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per 1 Desember, Kereta Joglosemarkerto Hubungkan Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto

Kompas.com - 30/11/2018, 16:22 WIB
Iqbal Fahmi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Mulai Desember 2018, sejumlah kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta akan terkoneksi dengan kehadiran relasi kereta api (KA) baru bernama Kereta Joglosemarkerto. Peluncuran perdana relasi kereta baru ini rencananya akan dilakukan pada Minggu (1/12/2018).

Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, MN Huda D Santoso melalui rilis tertulis, Jumat (30/11/2018) mengatakan, kereta baru ini akan menghubungkan stasiun-stasiun di sepanjang kota Yogyakarta – Solo – Semarang – Purwokerto tanpa perlu berpindah kereta dan tentu dengan tarif yang kompetitif.

“Selama ini sebenarnya sudah ada perjalanan KA-KA yang menghubungkan kota-kota tersebut, namun repot karena masih memerlukan perpindahan antar KA,” katanya.

“Semisal, KA Joglokerto dari Yogyakarta, penumpang yang hendak menuju ke Tegal atau Pekalongan harus berganti dengan KA Kamandaka di Stasiun Purwokerto,” lanjutnya.

Baca juga: Warganet Pertanyakan Jalur Kereta Joglosemarkerto yang Masih Simpang-siur

KA Joglosemarkarto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang Tawang – Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta – Solo – Semarang Tawang.

Selain KA Kamandaka, perubahan perpanjangan relasi juga dilakukan pada KA Joglokerto yang semula beroperasi dari Purwosari menuju Purwokerto PP, akan diteruskan relasinya hingga Semarang – Solo – Yogyakarta.

Dalam operasionalnya, KA Joglosemarkerto menggunakan rangkaian dua gerbong Eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk (50 tempat duduk per gerbong) dan tujuh gerbong ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk (80 tempat duduk per gerbong).

Tiket, promo diskon dan perubahan jadwal

Tarif KA Joglosemarkerto kelas Eksekutif dapat diperoleh mulai Rp 40.000 – Rp 390.000 dan Ekonomi mulai Rp 30.000 – Rp 260.000, tergantung jarak yang ditempuh.

Baca juga: KA Relasi Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto Diluncurkan, Ini Daftar Tarifnya

Namun bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dengan KA Joglosemarkerto pada periode keberangkatan 1-13 Desember 2018, KAI memberikan diskon sebesar 10 persen.

“Tiket biasa di pesan melalui channel-channal eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi ‘KAI Access’ dari android,” jelas Huda.

Dengan kehadiran KA Joglosemarkerto, ada perubahan rute kereta relasi yang melalui stasiun Jateng-DIY. KA Jaka Tingkir yang semula Purwosari (Solo) – Jakarta Pasarsenen PP, menjadi relasi Lempuyangan (Yogyakarta) – Pasarsenen PP.

Dan ada perubahan jadwal perjalanan KA Jaka Tingkir dari Jakarta Pasarsenen – Lempuyangan, tiba di stasiun Bumiayu semula 16.26 WIB berubah pukul 11.36 WIB, Purwokerto 17.20 WIB menjadi 12.36 WIB, Gombong 18.35 WIB menjadi 14.07 WIB, dan Kutoarjo 19.36 WIB menjadi 15.11 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com