Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah Warga di Gresik

Kompas.com - 30/11/2018, 10:10 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Angin puting beliung merusak ratusan rumah di Desa Banter, Kecamatan Benjeng, Gresik, Kamis (29/11/2018).

Meski durasi angin puting beliung tidak terlalu lama, namun imbasnya ada sekitar 184 rumah yang mengalami kerusakan.

Menurut pengakuan warga, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB setelah embusan angin kencang mereda kemudian disusul dengan hujan deras sampai Jumat (30/11/2018) dini hari.

"Angin membuat genting di rumah saya ambruk, seingat saya tidak terlalu lama, mungkin sekitar 30 menitan. Setelah itu, baru hujan deras," ujar salah seorang warga, Suwanah, Jumat (30/11/2018).

Baca juga: Dalam 6 Hari, 20 Rumah Rusak akibat Puting Beliung di Timor Tengah Utara

Sementara itu, Kepala Desa Banter Muhammad Ridwan mengatakan, sudah memeriksa tempat tinggal warganya yang terimbas angin puting beliung pada Kamis sore. Hingga kini tercatat 184 rumah rusak akibat bencana alam itu.

"Kami sudah lakukan analisa dan kroscek di lapangan. Ada sebanyak 184 rumah warga yang rusak, dengan 30 rumah atau bangunan mengalami kerusakan cukup parah. Sementara lainnya, kebanyakan yang rusak itu bagian atap dan genteng," ucap dia.

Baca juga: 49 Bangunan Rusak Diterjang Puting Beliung di Jombang

Atas kejadian tersebut, saat ini warga dengan dibantu perangkat desa dan aparat TNI beserta kepolisian bersama-sama memperbaiki rumah dan tempat ibadah yang mengalami kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com