Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Dini Hari, Polisi Tangkap 20 Napi yang Kabur dari LP Lambaro Aceh Besar

Kompas.com - 30/11/2018, 05:15 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Polisi berhasil menangkap kembali sebanyak 20 napi yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II A Lambaro Aceh Besar pada Jumat (30/11/2018) dini hari. Para napi tersebut kabur pada Kamis malam saat kericuhan terjadi di LP tersebut.

Sebelumnya diberitakan, para napi kabur setelah terjadi kericuhan di LP tersebut yang diduga dipicu perkelahian antarnapi. Mereka kabur dengan merusak teralis besi jendela dengan barbel.

Kapolsek Ingin Jaya Iptu Tri Andi Darma mengatakan dari 20 napi yang berhasil ditangkap kembali tersebut, sebanyak 17 napi sudah dievakuasi kembali ke LP sementara tiga lainnya masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek setempat.

“Para napi yang berhasil kami tangkap ini bersembunyi di rumah warga, di kebun warga, di sawah dan bahkan ada juga yang berada di atas atap rumah warga di sekitar LP,” jelas Tri Andi Darma, Jumat (30/11/2018) dini hari.

Baca juga: Rusuh di LP Banda Aceh, 113 Napi Kabur

Tri mengatakan, pihaknya akan semakin memperluas radius pencarian napi. Rata-rata napi yang kabur adalah napi yang tersandung kasus narkoba.

“Kekuatan kita penuh dibantu oleh satuan dari Mapolres dan Mapolda Aceh,” jelasnya

Sementara itu, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah mengatakan saat ini kondisi di LP Kelas IIA lambaro Aceh Besar sudah kondusif. Sebanyak satu pleton aparat kepolisian ditugaskan untuk berjaga di LP.

Sebelumnya disebutkan kerusuhan terjadi di LP Kelas II A Lambaro kamis petan. Kerusuhan diduga dipicu oleh pertengkaran antar napi, yang kemudian memicu aksi massa.

Napi mengamuk dan menghancurkan fasilitas bagian ruang depan LP dengan menghancurkan jendela kaca dan terlai besinya dengan menggunakan barbell serta merusak kursi-kursi yang ada. Saat pengrusakan jendela terjadi, sebanyak 113 napi kabur dari jendela tersebut.

Baca juga: 4 Napi yang Kabur dari LP Banda Aceh Ditangkap, 109 Masih Buron

“Kalapas masih terus mengidentifikasi akar persoalan yang terjadi, sementara saat ini kondisi di LP sudah kondusif. Polisi masih terus melakukan pengejaran terhadap napi yang kabur,” jelas Wakapolda.

Kericuhan yang dipicu persoalan api bukan baru pertam akali ini terjadi di LP Kelas II A Lambaro. Awal Januari 2018 lalu, LP Kelas IIa ini juga mengalami kericuhan hebat. Selain merusak fasilitas LP, napi juga mebakar ruangan bagian depan LP. Akibatnya tiga ruang berserta fasilitasnya rusak berat dan hangus terbakar. Saat itu napi juga membakar satu unit mobil milik aparat kepolisian yang masuk ke pekaranagn dalam LP untuk mengendalikan massa. Sebanyak 11 napi dijadikan tersangka utama dalam kasu kericuhan tersebut. *****

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com