Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Indahnya Tabebuya di Surabaya, Inisiatif Risma hingga Warga Minta Lebih Banyak

Kompas.com - 29/11/2018, 19:15 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada yang berbeda saat melintas jalan-jalan protokol di Surabaya. Tampak bunga tabebuya mulai bermekaran dan menambah sejuk pemandangan.

Pemandangan di awal musin hujan itu pun menjadi viral di media sosial. Warganet pun memuji keindahan bunga yang dianggap mirip dengan sakura, bunga khas Jepang.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun tak luput dari pujian warganet. Bahkan, warga Surabaya meminta Risma untuk menanam lebih banyak pohon tabebuya tersebut.

Berikut fakta di balik bunga tabebuya di Kota Surabaya.

1. Menjadi viral di media sosial

Pohon Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan utama protokol Kota SurabayaDok. Pemkot Surabaya Pohon Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan utama protokol Kota Surabaya

Sejumlah jalan protokol di Kota Surabaya tiba-tiba menjadi perbincangan, setelah banyak bunga pohon tabebuya mulai bermekaran di awal musim hujan.

Tabebuya yang dianggap mirip bunga sakura seperti di Jepang ini ramai dan viral di media sosial.

Seperti diketahui, pohon tabebuya ini berasal dari negara tropis, yakni Brasil. Namun, Pemkot Surabaya mendatangkannya dari Malang dan Kediri karena sejak 2010 telah dibudidayakan di dua tempat itu.

Pemkot Surabaya sebenarnya sudah menanamnya di sejumlah titik di Kota Surabaya.

"Bunga tabebuya itu sebenarnya sudah banyak tersebar di beberapa tempat, sampai di pelosok jalan, tapi yang paling banyak (memang) di jalan-jalan utama protokol," kata Fikser, Selasa (27/11/2018).

Baca Juga: Cantiknya Bunga Tabebuya di Surabaya: Mekar di Musim Hujan, Mirip Musim Sakura di Jepang

2. Jenis tabebuya yang tumbuh di Surabaya

Pohon bunga Tabebuya bermekaran di depan kantor Pemkot Magelang, Jawa Tengah, sepekan terakhir, Senin (23/10/2017).Kompas.com/Ika Fitriana Pohon bunga Tabebuya bermekaran di depan kantor Pemkot Magelang, Jawa Tengah, sepekan terakhir, Senin (23/10/2017).

Selain di Kediri dan Malang, pohon tabebuya ternyata juga juga telah dibudidayakan petani di Kebun Bibit Surabaya.

Sementara itu, tabebuya yang tumbuh di Surabaya itu memiliki beberapa varian warna, yakni kuning, pink, putih, dan warna ungu yang disebut-sebut memiliki kemiripan dengan bunga sakura.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, tabebuya itu kini tersebar di sejumlah jalan protokol Kota Surabaya, antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng Surabaya.

Menurut Fikser, bibit tabebuya yang tumbuh subur itu berasal dari budi daya petani bunga yang berada di Kebun Bibit Surabaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com