Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Karawang Geledah Gudang Bahan Bumbu Seblak yang Diduga Kedaluwarsa

Kompas.com - 29/11/2018, 15:40 WIB
Farida Farhan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Polres Karawang mengeledah gudang bahan bumbu instan "seblak" yang diduga sudah kedaluwarsa di Dusun Gandoang, Jalan Pangulah Selatan, Desa Pangulah Selatan, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Kamis (29/11/2018).

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengungkapkan, pembuatan bumbu instan tersebut diduga kuat tidak memiliki izin, dilakukan secara ilegal, dan tidak higienis.

"Di gudang ini ditemukan beberapa karung terigu yang berdasarkan hasil pemeriksaan sementara merupakan terigu yang sudah kedaluwarsa, karena dibeli dengan harga yang murah dari harga normal Rp 15.000 per kilogram, dibeli harga separuhnya (Rp 7.500)," kata Slamet.

Baca juga: Cekcok, Pedagang Seblak Ditusuk Anak Buahnya Sendiri

Selain terigu, polisi juga menemukan garam yang sudah tidak layak edar dan beberapa bahan bumbu instan lainnya yang sudah tidak layak konsumsi.

"Bahan makanan tersebut diduga untuk bumbu makanan tradisional seblak yang diedarkan di daerah Karawang dan sekitarnya," ujar dia.

Selain menyita sejumlah bahan makanan tersebut, polisi juga tengah menyelidiki asal bahan makanan dan tempat pengemasan bumbu instan tersebut.

"Kami tengah mendalami di mana pengemasan bumbu tersebut, di sini hanya pembuatan bumbu setengah jadi yang diduga ilegal dan tidak higienis," ujar dia.

Baca juga: Postingan Soal Seblak Viral, Desy Beri Klarifikasi

Polisi sudah memeriksa empat orang terkait kasus ini, di antaranya pemilik gudang dan pekerja.

"Kami masih mendalami terkait pasal mana yang akan dikenakan kepada para pelaku," kata Slamet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com