Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY: Tak Ada yang Bisa Menjamin Kontribusi Pilpres terhadap Pileg

Kompas.com - 28/11/2018, 20:24 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Agus Harimurti Yudhoyono, selaku komandan di Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat angkat bicara terkait sikap partainya yang membebaskan kadernya memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam ajang Pilpres 2019.

Seperti diketahui, Partai Demokrat menjadi partai pengusung calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) di ajang Pilpres 2019 mendatang.

Pria yang akrab disapa AHY ini menjelaskan, sikap partainya membebaskan para kadernya memilih calon presiden dan wakil presiden sebagai bentuk upaya realistis agar Partai Demokrat bisa meraup suara lebih dari 4 persen dalam ajang Pileg 2019 yang digelar bersamaan dengan pilpres.

“Hari ini tidak ada yang bisa menjamin kontribusi pilpres terhadap pileg,” ujar AHY saat ditemui di kafe Little Collins, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Rabu (28/11/2018).

Lebih lanjut AHY menjelaskan, pada ajang Pilpres 2019 mendatang, dapat dipastikan hanya dua partai politik yang diuntungkan, yakni PDI Perjuangan dan Partai Gerindra.

Baca juga: AHY: Kami Tetap pada Sikap Memenangkan Prabowo-Sandi

Sebab, kedua kader terbaiknya menjadi tokoh yang diusung. Menurut dia, hal tersebut dipastikan berimbas pada tingginya tingkat elektoral kedua partai tersebut di ajang pileg yang dihelat serentak dengan Pilpres 2019.

“Nah, apa yang terjadi pada partai lainnya, semua mengalami penurunan dan dalam pada posisi tidak aman jauh di bawah parliamentary treshold,” ucapnya.

AHY mengatakan, partainya berupaya agar mendapatkan lebih dari 10 persen seperti pada Pilpres 2014 lalu.

“Kami ingin suara Partai Demokrat banyak. Capaian kami tahun ini palin tidak seperti 2014 lalu di angka 10,18 persen. Target kami menuju 15 persen. Sasarannya optimistis, tapi perlu kerja keras,” imbuhnya.

Baca juga: 2 Tahun Keliling Indonesia, SBY dan AHY Rumuskan 14 Prioritas Partai Demokrat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com