Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspal Landasan Terkikis karena Hujan, 9 Penerbangan di Bandara Adisutjipto Tertunda

Kompas.com - 28/11/2018, 19:54 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 9 penerbangan, baik yang berangkat dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta maupun menuju Yogyakarta sempat mengalami penundaan.

Hal ini disebabkan terkikisnya permukaan aspal akibat intensitas curah hujan yang tinggi selama tiga hari belakangan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menyampaikan, Rabu (28/11/2018), sekitar pukul 12.00 WIB petugas ACT melaporkan terkikisnya permukaan aspal. 

"Terkikisnya permukaan aspal menimbulkan weak spot di area airside Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta tepatnya di 450 meter dari runway 09 (timur), 200 meter dari touchdown area dan 50 meter dari S2," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama dalam rilisnya, Rabu (28/11/2018).

Baca juga: Insiden Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Adisutjipto, Kronologi Kejadian hingga Runway Basah

Agus menyampaikan, setelah mendapat laporan, pihaknya langsung merespon dengan menerjunkan petugas teknik ke lokasi. Petugas bergerak cepat untuk melakukan maintenance.

"Petugas teknik Bandara Adisutjipto menuju ke lokasi dan melakukan maintenance. Pukul 12.55 WIB landasan dapat digunakan kembali," tegasnya.

Sebanyak 9 penerbangan sempat tertunda yakni Air Asia tujuan CGK - JOG, Batik tujuan HLP - JOG, Air Asia tujuan KUL-JOG, Garuda tujuan CGK-JOG, Air Asia dari SIN, Lion Air dari PKU, Xpress Air tujuan JOG-PNK, Lion Air tujuan JOG-BDJ dan Nam Air tujuan JOG-PLM.

Dijelaskanya, menghadapi musim hujan ini, demi meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan, PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus melakukan pengawasan dan pemeliharaan terutama di area airside. Sebab, area tersebut merupakan area pergerakan pesawat.

"Kami akan terus melakukan pengawasan dan pemeliharaaan terutama di area airside. Saat ini kegiatan operasional penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta berjalan lancar dan normal," pungkasnya. 

Kompas TV Kemudian, obor akan diinapkan satu malam di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com