Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mamasa Diguncang 6 Kali Gempa Beruntun, Siswa SMP Dipulangkan

Kompas.com - 28/11/2018, 15:30 WIB
Junaedi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.comGempa beruntun selama enam kali beturut-turut hanya dalam selisih beberapa menit kembali menguncang Mamasa, Sulawesi Barat, Rabu (28/11/2018).

Dalam video amatir yang direkam salah satu guru ini terlihat ratusan siswa SMP Frater Mamasa yang tengah mengikuti proses belajar mengajar di kelas ini histeris dan berhamburan keluar rungan saat gempa beruntun terjadi pada Rabu pagi (28/11/2018).

“Siswa yang panik dan keakutan berlarian keluar ruangan,” jelas Ekky Masran, salah satu guru SMP Frater Mamasa kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2018).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa pertama berkekuatan 3,6 magnitudo berada di kedalam 10 kilometer terjadi sekitar pukul 8.40 Wita.

Sekitar 14 menit, kemudian gempa kembali mengguncang berkekuatan 3,0 magnitudo. Lalu sekitar pukul 8.58 Wita, Mamasa diguncang gempa lagi.

Baca juga: Relawan Ini Gelar Lapak Membaca Gratis bagi Anak-anak Korban Gempa Mamasa

Saat siswa masih berada luar ruangan karena panik, gempa kembali terjadi pukul 9.18 Wita dengan 3,0 magnitudo pada kedalaman 20 kilometer.

Para siswa memilih berkumpul di halaman sekolah karena khawatir ada gempa susulan. Kekhawatiran itu terjadi. Sekitar pukul 11.10 Wita dan pukul 12.02 Wita, gempa kembali mengguncang Mamasa.

Baca juga: Satu Pengungsi Gempa Mamasa Dilaporkan Hilang Misterius

Karena tidak tenang dan tidak konsentrasi karena gempa beruntun yang jaraknya hanya beberapa kilometer dari pusat gempa, sekolah memilih memulangkan siswanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com