Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Korban Hilang Longsor di Purwakarta Ditemukan, Korban Tewas Jadi 4 Orang

Kompas.com - 28/11/2018, 11:10 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dua orang yang hilang dalam bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa (27/11/2018) malam, kini telah ditemukan.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Jabar, Johua Banjarnahor, melalui pesan singkatnya, Rabu (28/11/2018).

"Tim SAR gabungan telah menemukan dua korban yang hilang," kata Johua, Rabu.

Baca juga: Longsor di Purwakarta, Dua Warga Tewas, Dua Lainnya Hilang

Dua korban hilang ini ditemukan terkubur material longsoran tersebut. Dengan ditemukannya kedua korban ini, maka total korban meninggal menjadi empat orang.

"Keseluruhan menjadi 4 orang (meninggal dunia)," tutur dia.

Adapun korban meninggal dunia ini diketahui bernama Ki Bakri, MA Acem, Iwan, dan Intan. Sedangkan lima korban yang mengalami luka berat yakni Yanti, Yeyet, Ima, Dede, dan Ridwan.

Kepala Basarnas Jawa Barat Deden Ridwansyah mengimbau masyarakat yang tinggal di bawah bukit atau di daerah perbukitan, lebih waspada saat musim hujan ini.

"Bila terlihat patahan atau retakan tanah, hubungi aparat setempat, laporkan dan cari tempat yang lebih aman," kata dia.

Pihaknya juga mengimbau agar ketika membangun rumah, warga dapat memperhatikan situasi kemanan dan kondisi lingkungannya.

Baca juga: 5 Fakta Longsor di Kalisari, Lubang hingga Bangunan Terancam Dibongkar

"Bila membutuhkan pertolongan atau bantuan evakuasi kami siap 24 jam untuk wilayah Jawa Barat, dapat menghubungi 0227780437 pelayanan SR gratis tidak dipungut biaya," kata Deden.

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor itu terjadi Selasa (27/11/2018) pukul 20.00 WIB.

Bencana itu disebabkan oleh oleh tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Purwakarta, sejak siang sampai sore.

Selain memakan korban jiwa, tiga unit rumah di wilayah tersebut juga terdampak. Sedang korban yang mengalami luka berat dirujuk ke RSUD Bayu Asih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com