Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Rencana Reuni Aksi 212, Wiranto Bilang Demo soal Ahok Tak Lagi Relevan

Kompas.com - 28/11/2018, 09:47 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Polisi telah menerima surat rencana reuni aksi 212 yang akan dipusatkan di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, namun polisi belum menentukan perizinan kegiatan tersebut.

Menanggapi rencana aksi ini, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan jika melihat tujuan 212 sebelumnya gerakan ini sudah jelas mengarah pada mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kala itu dianggap menista agama.

Namun jika hal itu dilakukan kembali saat ini, Wiranto menilainya tidak relevan. Pasalnya Ahok sendiri telah ditahan dan permasalahan tersebut sudah dianggap selesai.

"Gerakan itu kan sudah punya tujuan, sudah jelas sasarannya, ke saudara Ahok dan itu sudah selesai. Kalau sudah selesai nanti mau demontrasi lainya ya silahkan saja, Tapi kan kalau demontrasi soal Ahok tak relevan lagi," katanya di Bandung, Selasa (28/11/2018).

Baca juga: Polisi Terima Surat Pemberitahuan Aksi Reuni 212

Menurut Wiranto, memasuki tahun politik ini sebaiknya energi dan kegiatan diarahkan untuk membangun partisipasi publik untuk ikut serta dalam pemilihan umum (Pemilu). Ia berharap masyarakat bisa jadi bagian sukses Pemilu, bukan malah menjadi bagian dari terhambatnya pemilu.

Dikatakan bahwa Pemilu itu bukan hanya milik pemerintah melainkan milik bangsa Indonesia. "Kalau Pemilu sukses maka demokrasi kita berjalan lebih lebih maju lagi tapi kalau pada saat Pemilu kita ricuh menjelang Pemilu, ada kekacauan itu kan menandakan bahwa demokrasi kita tidak pernah dewasa," katanya.

"Maka saya mengajak dan mengimbau marilah kita bersama-sama menjaga agar pemilu berjalan dengan baik dan prakondisi yang berjalan ini bisa kita jaga dengan baik suhunya, hangat boleh tapi jangan mendidih," katanya.

Rencana reuni 212

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Ma'arif mengatakan , pelaksanaan kegiatan reuni aksi 212 tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

"Sedang dipersiapkan untuk 212. Insya Allah tidak beda jauh dengn 212 tahun 2016. Dari berbagai provinsi sudah siap, sudah ada yang sewa beberapa gerbong kereta, sudah beli tiket pesawat," ujar Slamet ditemui di Kantor Kementrian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018) lalu.

Baca juga: Belasan Aktivis Eks 212 Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com