Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir, Ini Agenda Rapimnas Kadin 2018 di Solo

Kompas.com - 26/11/2018, 19:02 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan menghadiri Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) 2018 di Solo, Jawa Tengah. Rapimnas dipusatkan di Alila Hotel Solo mulai Senin (26/11/2018) hingga Rabu (28/11/2018).

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, Presiden Jokowi direncanakan hadir pada Rabu (28/11/2018) siang. Di Rapimnas ini, kata Rosan, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan kondisi dan situasi perekonomian di Indonesia.

"Bapak Presiden Jokowi hadir pada Rabu sekitar pukul 11.30 WIB. Beliau juga akan menyampaikan beberapa situasi perekonomian di Indonesia," kata Rosan seusai membuka Batikvaganza rangkaian Rapimnas Kadin 2018 di Alila Hotel Solo, Jawa Tengah, Senin (26/11/2018).

Rosan menambahkan, Rapimnas tahun ini mengangkat tema "Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan".

Baca juga: Timses Bantah Jokowi Intervensi Proses Hukum Dugaan Korupsi Dana Kemah

"Tema yang kita angkat ini bertepatan dengan situasi dan kondisi daya saing kita dalam dunia usaha. Juga untuk mendorong investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan," ungkapnya.

Dalam Rapimnas ini, pihaknya juga akan menyoroti paket kebijakan ekonomi XVI yang dikeluarkan pemerintah. Ada tiga kebijakan dalam paket kebijakan ekonomi XVI tersebut. Yakni, kebijakan relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI), tax holiday dan kewajiban membawa pulang Devisa Hasil Ekspor.

"Perlu kami garis bawahi di sini memang tax holiday dan dana hasil ekspor (DHE) memang sudah dibicarakan bersama Kadin dan asosiasi. Tetapi untuk relaksasi DNI kami dari dunia usaha belum diajak bicara," beber Rosan.

Oleh karena itu pihaknya meminta pemerintah agar program relaksasi DNI tersebut untuk disosialisasikan kepada dunia usaha.

Baca juga: Kadin Minta Pemerintah Evaluasi Kebijakan Relaksasi DNI

"Kehadiran Pak Menko Perekonomian Darmin dan kementerian terkait dalam Rapimnas sangat penting karena akan ada pemaparan terkait kebijakan itu," imbuh dia.

Sebagai satu-satunya organisasi yang membawa kepentingan dunia usaha dan berperan dalam UU tentunya ingin semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah membawa manfaat bagi usaha keseluruhan.

"Kita tentunya mendukung pemerintah apabila masukan-masukan kami bisa diterima dan dijadikan suatu bahan pertimbangan penyempurnaan kebijakan relaksasi DNI," kata Rosan.

Dihadiri Jokowi

Ketua pelaksana Rapimnas Kadin 2018 Kukrit Suryo Wicaksono menambahkan, Rapimnas Kadin 2018 dipusatkan di Solo, Jawa Tengah merupakan suatu kehormatan. Karena Rapimnas tahun ini dihadiri Presiden Jokowi.

"Kami tidak hanya fokus kepada penyelenggara Rapimnas yang dihadiri Kadin Provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Tetapi juga membuat berbagai event selama kegiatan berlangsung," kata Kukrit yang juga Ketua Kadin Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com