Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Adisutjipto, Kronologi Kejadian hingga Runway Basah

Kompas.com - 26/11/2018, 17:12 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 210 CGK-JOG sempat tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (25/11/2018) siang.

Insiden tersebut tidak menimbulkan korban dan tidak menganggu jadwal penerbangan dari dan ke Yogyakarta. Sementara itu, petugas segera mengevakuasi badan pesawat yang mengalami insiden.

Berikut ini fakta lengkap terkait insiden di Bandara Adisucipto.

1. Penjelasan Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto

Pesawat Garuda terparkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/3/2018).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Pesawat Garuda terparkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/3/2018).

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Rio Hendarto Budi Santosa, membenarkan kejadian pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Yogyakarta sempat tergelincir.

"Iya benar, pesawat Garuda," ujar Rio, saat dihubungi, Minggu (25/11/2018). Rio mengatakan, menurut laporan dari Pilot Garuda Indonesia, pesawat tergelincir karena landasan pacu basah.

"Menurut laporan dari pilot sih runway-nya basah," ungkap Rio.

Baca Juga: Runway Basah, Pesawat Garuda Sempat Tergelincir di Bandara Adisutjipto

2. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut

Ratusan penumpang Maskapai Garuda menunggu selama enam jam di Bandara Adisucipto, Yogyakarta akibat pesawat alami delay karena cuaca buruk, Sabtu (8/10/2016).Kompas.com/ M Latief Ratusan penumpang Maskapai Garuda menunggu selama enam jam di Bandara Adisucipto, Yogyakarta akibat pesawat alami delay karena cuaca buruk, Sabtu (8/10/2016).

Insiden tergelincirnya pesawat Garuda tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Petugas juga telah berhasil mengevakuasi pesawat yang roda bagian depan sedikit keluar dari landasan pacu.

Sementara itu, para penumpang yang sempat panik akhirnya dialihkan ke penerbangan berikutnya.

"Alhamdulillah penerbangan dari dan menuju Yogyakarta normal. Penumpang yang di Garuda tersebut juga sudah diberangkatkan dengan Garuda berikutnya ke tujuan," pungkas dia.

Baca Juga: 5 Insiden Kecelakaan Pesawat 2017-2018, dari Pecah Ban hingga Menabrak Tiang

3. Kronologi kejadian

Antrean pesawat Garuda Indonesia menaikkan penumpang di Bandar Udara Soekarno-Hatta menuju Bandar Udara Adisucipto, Yogyakarta.Anto Motulz Antrean pesawat Garuda Indonesia menaikkan penumpang di Bandar Udara Soekarno-Hatta menuju Bandar Udara Adisucipto, Yogyakarta.

Dilansir dari Tribunnews, Senin (26/11/2018), pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 210, membawa 153 penumpang, terdiri dari 148 penumpang dewasa, tiga anak, dan dua bayi.

Pesawat mendarat pada pukul 14.00 WIB dan tergelincir di runway 09 (barat)-27 (timur) Bandara Internasional Adisutjipto.

Petugas PT Angkasa Pura I segera melakukan evakuasi pesawat bersama Tim Teknik Garuda Maintenance Facility dan Groundhandling Garuda Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com