Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Warga Korban Banjir di Aceh Utara Masih Mengungsi

Kompas.com - 24/11/2018, 21:58 WIB
Masriadi ,
Krisiandi

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak sembilan kepala keluarga atau 30 jiwa masih mengungsi akibat banjir yang melanda Kecamatan Samudera dan Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Uatra sejak pekan lalu. 

Mereka terpaksa mengungsi karena rumahnya mengalami rusak berat dan rusak ringan.

Kepala Desa Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, Zulkarnaini, menyebutkan tercatat enam rumah rusak di desa itu karena terdampak banjir pekan lalu.

“Tiga rumah itu rusak total, tiga lainnya itu rusak ringan. Masyarakat masih bertahan di tenda pengungsian, karena memang tak ada rumah keluarganya. Kalau yang ada rumah keluarga, mereka menumpang sementara waktu di rumah keluarga,” kata Zulkarnaini, Sabtu (24/11/2018).

Dia menyebutkan, hingga saat ini bantuan dari berbagai kelompok masyarakat masih mengalir untuk korban yang mengungsi.

“Semalam ada bantuan dari Polres Aceh Tengah untuk sayur dan bahan makanan. Kami apresiasi seluruh bantuan dari berbagai pihak untuk korban banjir,” terangnya.

Untuk bantuan rumah, Zulkarnaini mengaku sudah mengirimkan proposal melalui camat agar diteruskan ke Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib. Informasi dari camat, kata Zulkarnaini, untuk sementara akan didirikan barak darurat untuk pengungsi. 

Baca juga: Banjir Hancurkan Tanggul Sungai di 9 Desa di Aceh Utara

“Barak darurat itu untuk hunian sementara, nanti dibuat seperti dua kamar untuk satu keluarga. Namun sampai hari ini proses pembangunannya belum ada. Kami tunggu bagaimana kelanjutan pembangunan barak itu, tentu kami berharap rumah yang rusak itu dibangun oleh pemerintah,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan banjir menghancurkan empat rumah di Desa Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara sejak Minggu (18/11/2018). Akibat bencana tersebut sembilan tanggul sungai jebol.

Kompas TV Banjir masih melanda 4 kecamatan di Aceh Utara pada Sabtu (17/11/2018) pagi. Sejumlah warga pun masih bertahan di lokasi pengungsian. Empat kecamatan di Aceh Utara yang masih terendam banjir adalah Kecamatan Syamtalira Aron, Matangkuli, Pirak Timu dan Sawang. Di ke-4 kecamatan itu ketinggian banjir berkisar 30 hingga 50 sentimeter. Warga yang masih tinggal di pengungsian berharap banjir segera surut sebab anak-anak mereka sudah harus bersekolah. Banjir yang sebelumnya melanda ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Medan di Kecamatan Samudera kini makin meluas. Banjir meluas hingga ke ruas jalan nasional di Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, Aceh. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul yang jebol untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih besar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com