Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Kiai dan Santri di Tapal Kuda Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 22/11/2018, 21:44 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Ribuan santri, kiai dari wilayah se-Tapal Kuda, yakni Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, yang tergabung dalam Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo- KH Ma'ruf Amin, di Lapangan Desa Balet Baru, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (22/11/2018).

Dari pantauan di lapangan, acara deklarasi dukungan itu dihadiri langsung Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir.

Selain itu, hadir pula Ketua Dewan Pengarah JKSN sekaligus Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa. Lalu Dewan Penasihat JKSN KH Asep Saifuddin Chalim, serta pengasuh Ponpes Nurul Qarnain Jember, KH Yazid Karimullah.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengajak masyarakat untuk menyiarkan kebenaran tentang pasangan capres-cawapres nomor 01.

"Saya diberi kesempatan pada satu bulan setengah terakhir, bisa dekat dengan capres kita Pak Jokowi. Apa yang saya lihat selama ini beliau memang pemimpin yang taat beragama dan rajin shalatnya, kalau ada pihak yang mempertanyakan ini insya Allah salah," katanya.

Baca juga: Cerita Unik Jokowi di Lamongan, Bikin Warga Muhammadiyah Terbahak-bahak hingga Pelukan Nenek

Erick yakin bahwa dukungan dari ribuan kiai dan santri ini akan menjadi ujung tombak untuk menyiarkan kebenaran-kebenaran.

"Kiai Asep sudah mengingatkan, yang namanya hoaks itu tidak usah diladeni, karena nanti Allah pasti akan memberikan bukti konkret yang lain," terang Erick.

Soal target kemenangan, menurut mantan bos Inter Milan ini, yang terpenting saat ini adalah bekerja secara maksimal.

"Saya yakin seluruh masyarakat Tapal Kuda sudah merasakan hal yang digerakkan oleh pemerintah seperti kartu sehat, pintar, dana desa, yang sangat membantu ekonomi daripada keluarga dan umat pada khususnya," pungkasnya Erick.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qornain, KH Yazid Karimullah menegaskan, bahwa dukungan dari kiai dan santri di wilayah Tapal Kuda sudah solid untuk Jokowi- KH Ma'ruf Amin.

"Saya berikrar, selaku pengasuh Ponpes beserta keluarga besar dari para alumni para wali santri akan mendukung sepenuhnya untuk pemenangan capres-cawapres Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin," ujarnya.

Baca juga: Jaringan Kiai Santri Nasional Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat

Dia berharap, pada pemilu presiden mendatang, Jokowi terpilih kembali sebagai presiden Republik Indonesia.

"Harapan kami kepada Allah, semoga Pilpres akan datang Allah masih tetap menentukan Bapak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin dari NU," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com