Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Surut, Perbaikan Tanggul Jebol di Aceh Utara Mulai Dilakukan

Kompas.com - 20/11/2018, 14:13 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mulai memperbaiki tanggul yang jebol di Desa Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (20/11/2018).

Perbaikan tanggul dilakukan seiring dengan surutnya banjir yang sempat merendam puluhan desa di dua kecamatan yaitu Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Selain itu, tanggul juga jebol di Desa Mancang, dan Desa Tanjong Awe, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga: Selain di Aceh Utara, Banjir Juga Menerjang Aceh Timur

Pendataan terhadap tanggul jebol lainnya terus dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Utara.

“Perbaikan tanggul ini sifatnya tanggap darurat, agar jika hujan, air tak langsung merembes ke pemukiman warga. Pimpinan (bupati dan wakil bupati) memastikan untuk tanggul terus diperbaiki, karena lumayan banyak jumlah titik yang jebol,” kata Kepala Humas, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Andre Prayudha.

Dia menyebutkan, untuk bantuan rumah penduduk yang rusak akibat banjir, pemerintah sedang memikirkan solusi terbaik.

Sebab, jika menggunakan dana pemerintah dalam kondisi akhir tahun seperti sekarang ini sudah tidak memungkinkan lagi.

Baca juga: Banjir Bandang di Aceh Utara, Rumah Hanyut hingga Ribuan Warga Mengungsi

“Pak Wabup (wakil bupati) sudah berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan di Aceh Utara untuk meminta agar dana community development dibangun rumah warga yang rusak tersebut,” pungkas dia.

Sebelumnya, diberitakan banjir merendam Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Samudera.

Kompas TV Banjir masih melanda 4 kecamatan di Aceh Utara pada Sabtu (17/11/2018) pagi. Sejumlah warga pun masih bertahan di lokasi pengungsian. Empat kecamatan di Aceh Utara yang masih terendam banjir adalah Kecamatan Syamtalira Aron, Matangkuli, Pirak Timu dan Sawang. Di ke-4 kecamatan itu ketinggian banjir berkisar 30 hingga 50 sentimeter. Warga yang masih tinggal di pengungsian berharap banjir segera surut sebab anak-anak mereka sudah harus bersekolah. Banjir yang sebelumnya melanda ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Medan di Kecamatan Samudera kini makin meluas. Banjir meluas hingga ke ruas jalan nasional di Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, Aceh. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul yang jebol untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih besar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com