Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Palopo, Kumpulkan Sampah Bisa Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kompas.com - 20/11/2018, 09:02 WIB
Amran Amir,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com – Warga Kelurahan Malatunrung, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, yang mengumpulkan sampah dan membawanya ke Bank Sampah akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Iuran akan dibayarkan melalui sampah-sampah tersebut.

Pengusung program inovasi BPJS Ketenagakerjaan, Melani, mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan Palopo menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Bank Sampah Kelurahan Malatunrung untuk menjadikan masyarakat sebagai peserta BPJS dengan iuran melalui sampah yang dikumpulkan.

“Secara teknis pelaksanaannya pengumpul sampah atau masyarakat membawa sampah ke Bank Sampah untuk dijadikan iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 16.800 per bulan. Masyarakat akan mendapatkan manfaat berikut seperti biaya rumah sakit tanpa batas akibat kecelakaan kerja, santunan kematian akibat kecelakaan kerja minimal Rp 55.800.000, santunan kematian sebesar Rp 24.000.0000, Fasilitas rumah sakit pemerintah kelas 1,” kata Melani, Selasa (20/11/2018).

Menurut dia, sebagai langkah awal, BPJS Ketenagakerjaan mengadakan sosialisasi kepada pengumpul sampah dan masyarakat di Kelurahan Malatunrung.

“Sebagai langkah awal kami lakukan terlebih dahulu sosialisasi yang bernama SERIUS atau sampah teratasi pekerja terlindungi menuju sejahtera,” ujar dia.

Kepala Bidang Penataan dan Pengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Muh Aris Parma mengatakan, program ini merupakan sebuah terobosan baru yang luar biasa agar warga hidup sejahtera dengan mampu mengendalikan persoalan sampah untuk menjadikan Palopo kota sehat dan kota bersih.

“Ini merupakan terobosan luar biasa dari BPJS Ketenagakerjaan Palopo, di mana dengan mengumpulkan sampah, masyarakat pekerja bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan mendapatkan jaminan sosial berupa perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” ucap Aris.

Kehadiran Bank Sampah Kelurahan Malatunrung membuat warga setempat berupaya untuk melakukan aksi hidup bersih dengan mengumpulkan sampah untuk dijadikan jaminan sosial lewat program BPJS Ketenagakerjaan.

“Masuknya program ini akan menjadi pegangan bagi kami warga Malatunrung untuk hidup bersih dan kamipun bisa mendapatkan jaminan sosial,” kata Irma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com