Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Santri Jadi Wirausahawan, Kemenperin Berikan Mesin Pembuat Roti ke Pesantren

Kompas.com - 19/11/2018, 15:44 WIB
Hamzah Arfah,
Khairina

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Ditjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) memberikan bantuan mesin pembuat roti kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin yang berada di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, senilai Rp 300 juta, Senin (19/11/2018).

Bantuan tersebut berkaitan dengan program Kemenperin tentang pengembangan unit industri mencetak wirausahawan baru di lingkup ponpes, melalui program "santri berindustri".

"Karena ponpes ini kan background agamanya kuat. Dengan moral yang baik dan kemandirian juga bagus, Insya Allah keberhasilan menjadi pengusaha itu relatif besar," ujar Sekretaris Dirjen IKM Kemenperin Eddy Siswanto, Senin (19/11/2018).

Dalam kerjasama yang dijalin, Kemenperin memberikan bantuan sebanyak 20 mesin pengolah makanan kepada Ponpes Mambaus Sholihin dengan nominal mencapai Rp 300 juta.

Mesin itu bakal digunakan oleh para santri dalam memproduksi usaha roti yang sudah dikembangkan.

Baca juga: Jaringan Kiai Santri Nasional Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat

"Kenapa makanan? Sebab industri makanan saat ini banyak yang membutuhkan dan relatif mudah. Untuk pasarnya sendiri kan sudah besar, dengan itu bisa langsung digunakan oleh santri untuk memenuhi saat ada acara di sini," jelasnya.

Hingga saat ini, terang Eddy, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan sekitar 15 ponpes yang ada di seluruh Indonesia. Bantuan yang diberikan tidak sekedar dalam bentuk mesin pengolah makanan saja.

"Ada banyak ponpes, ada Sunan Drajat (Lamongan), Lirboyo (Kediri), dan beberapa lagi, dengan sampai saat ini ada sebanyak 15 Ponpes, termasuk Ponpes Mambaus Sholihin. Dengan bantuan menyesuaikan dengan kebutuhan, melihat kemampuan dan yang dibutuhkan oleh ponpes. Ada yang mesin jahit, karena mereka ingin usaha garmen," ucap Eddy.

Sementara Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibaningsih menambahkan, program "santri berindustri" yang digagas pihaknya merupakan kegiatan yang mengembangkan unit industri di ponpes, untuk mengembangkan kompetensi santri menjadi wirausahawan baru melalui serangkaian bimbingan teknis dan pendampingan.

"Berdasarkan data Global Enterpreneurship Index 2018, Indonesia berada di peringkat ke-94 dalam hal kewirausahaan dari 137 negara, atau di peringkat ke-21 di antara negara Asia-Pasifik," kata Gati.

Ponpes Mambaus Sholihin sendiri saat ini memiliki sebanyak 5.889 santri dan memiliki usaha kreatif berupa pabrik roti (MBS bakery), yang sudah dikembangkan oleh santri dan alumni sejak tahun 2017 lalu.

"Terima kasih atas bantuan yang telah diberikan, semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa menunjang produksi kami untuk bisa lebih bersaing di pasaran," tutur Abdul Muksin, mewakili pengasuh Ponpes Mambaus Sholihin.

Kompas TV Sapa santri kali ini mengunjungi santri di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong di Probolinggo, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com