Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sebut Beredar Pesan Hoaks yang Berisi Tanggapannya tentang Film Ahok

Kompas.com - 17/11/2018, 10:17 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membantah kabar yang beredar di jejaring pesan singkat WhatsApp yang mengisahkan tanggapan dia setelah menonton film A Man Called Ahok (2018).

Dalam pesan yang mengatasnamakan Ridwan Kamil sebagai pembuatnya, tertuliskan pesan moral yang disampaikan pada anaknya tentang kebaikan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Awalnya, sang istri dan anak menyampaikan kepada Ridwan Kamil bahwa penonton bioskop untuk film Ahok ini kebanyakan etnis China dan kaum Kristiani.

Namun, dalam pesan itu, Ridwan Kamil menyebut hal itu kurang tepat karena kenyataannya banyak pula perempuan berjilbab yang duduk di bangku bagian tengah juga belakang studio.

Pesan itu disampaikan dengan gaya bertutur, layaknya cerita pendek. Intinya, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Ahok dihormati oleh banyak orang bukan karena ras ataupun agamanya, melainkan integritas dan kebaikannya dalam banyak hal.

Di bagian akhir pesan terdapat pesan kepada generasi penerus bangsa untuk memiliki rasa toleransi yang tinggi dan hidup berdampingan dengan saling menghormati antar-kelompok bangsa.

"Ini menjadi pelajaran buat kita bahwa menilai orang jangan dilihat dari sukunya apa, agamanya apa, dan perbedaan apa pun. Menilai orang lihatlah dari kebaikannya, kejujurannya, dan rasa belas kasih pada orang lain," demikian pernyataan Ridwan Kamil dalam pesan hoaks itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on Nov 16, 2018 at 4:18am PST

Namun, melalui akun Instagram @ridwankamil, mantan Wali Kota Bandung itu membantah pesan tersebut.

"Ini beredar di WA group dan ini adalah hoaks, karena kami belum menonton. Dan biasanya jika kami menonton film, review-nya tidak akan kaya cerpen berlinang air mata begitu. Anda kurang pintar, Ferguso," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram miliknya.

Selain membantah kabar hoaks yang menyeret namanya, ia juga menyampaikan ucapan sukses untuk film tentang Ahok yang baru rilis di bioskop Tanah Air pada 8 November 2018.

"BTW, Katanya filmnya memang bagus. Sukses terus untuk film-film Indonesia. Terima Kasih,” tulis Ridwan Kamil, sembari menyelipkan tagar hantam hoaks di akhir keterangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com