Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Harimau Sumatera yang Terjebak di Kolong Ruko Pasar Sehat dan Agresif

Kompas.com - 16/11/2018, 11:08 WIB
Citra Indriani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) terjebak di kolong ruko pasar di Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Sehari setelah kejadian Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sampai di lokasi dan berupaya melakukan evakuasi, Jumat (16/11/2018).

Memasuki hari ketiga harimau terjebak di kolong ruko yang sempit. Berdasarkan pengamatan tim di lapangan, kondisi harimau terlihat sehat dan agresif.

"Tadi pagi tim melihat kondisi harimau sehat. Sorot matanya tajam serta gerakannya aktif dan agresif," kata Kepala BBKSDA Riau Suharyono pada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: 6 Fakta Harimau Sumatera di Pasar di Riau, Makan Ternak hingga Alasan Kendala Evakuasi

Dia mengatakan, tim memberikan makanan berupa daging ayam agar harimau tidak kelaparan.

"Daging kita berikan melalui celah-celah kolong dan mau dimakannya. Sedangkan untuk melihat posisinya, hanya bisa dilakukan melalui lubang pipa kamar mandi," sebut Suharyono.

Petugas juga mengambil dokumentasi foto dan video harimau tersebut. Bobot badannya terlihat sangat besar dan sudah dewasa.

"Kita belum tahu jenis kelaminnya apa. Karena belum bisa melihat seluruh bagian tubuhnya," ungkap Suharyono.

Baca juga: BBKSDA Riau hingga Malam Ini Masih Berupaya Evakuasi Harimau Sumatera dari Lorong Ruko

Tim di lokasi saat ini terdiri dari BBKSDA Riau termasuk medis, dibantu pihak kepolisian, TNI, BPBD dan pemerintah kecamatan. Sementara warga yang ada di sekitar lokasi diminta untuk menjauh.

"Proses penyelamatan terus kita upayakan dengan maksimal. Sekarang tim sedang persiapan untuk pembiusan kembali," tutup Suharyono.

Sebagaimana diketahui, pihak BBKSDA Riau sudah melakukan pembiusan, Kamis (15/11/2018) sekitar pukul 16.00 WIB kemarin. Meski sudah terbius, namun evakuasi belum bisa dilakukan, karena akses masuk ke posisi harimau cukup sulit.

Disekeliling kolong ruko masih dipasang jaring. Petugas gabungan juga sudah menyiapkan kerangkeng tempat harimau tersebut.

Satwa yang dijuluki 'Datuk' ini terjebak sejak Rabu (14/11/2018) lalu sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelum terjebak, harimau sempat main-main di sela-sela ruko dan menjadi tontonan warga setempat.

Baca juga: Harimau Sumatera yang Terjebak di Lorong Ruko di Inhil Riau Ditembak Bius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com