Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD: Jabar Bagian Selatan dan Tengah Rawan Longsor, Utara Rawan Banjir

Kompas.com - 15/11/2018, 17:17 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Dicky Saromi memetakan potensi bencana di Jawa barat.

Menurut Dicky, wilayah Jabar bagian selatan dan tengah rawan longsor sedang Jabar bagian utara dan tengah rawan Banjir.

"Ya kalau kita lihat saat ini, Jabar tengah dan selatan yang cukup curah hujannya tinggi dan memang daerah itu rawan longsor, tapi kalau rawan banjir itu Jawa Barat bagian tengah dan utara," kata Dicky, usai Apel Siaga Bencana 2018, di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/11/2018).

Baca juga: Mandi Banjir di Depan Rumah, Bocah di Riau Ini Tewas Diterkam Buaya

Mengingat hal tersebut, pihaknya siap melakukan penanggulangan bencana di wilayah yang terdampak bencana.

Bahkan, persiapan sarana prasarana dinilainya sudah dalam keadaan siaga, begitupun dengan personel Basarnas, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD dan PMI.

"Kami di BPBD siap dengan 100 personel, tapi kalau nanti membutuhkan satu penanganan tentu bisa kita lakukan," kata dia.

Senada, Kapolda Jabar Irjen Agung budi Maryoto mengatakan, pemetaan rawan bencana saat ini didasari informasi cuaca hujan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca juga: 5 Bencana Banjir di Sejumlah Daerah, Pengungsi Gempa Terkena Banjir hingga 7 Desa Terendam

"Berdasarkan informasi hujan di selatan dulu dan tengah, utara belum sementara kontur tanah di utara lebih rendah, saat ini yang sudah langganan kan sekarang Kabupaten Bandung, Baleendah. Kita harus lakukan pembenahan salah satunya yang sudah dikerjakan Kodam pada Citarum dari hulu sampai dengan hilir," tutur dia.

Pihaknya menyatakan, siap membantu penanggulangan bencana di daerah terdampak di Jawa Barat, di mana personelnya akan diterjunkan sesuai dengan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com