Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Kabupaten Bandung Mulai Surut, Sebagian Warga Masih Bertahan di Pengungsian

Kompas.com - 15/11/2018, 13:11 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Banjir di Kabupaten Bandung sebagian besar sudah mulai surut, hal tersebut diungkapkan Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Sudrajat.

"Iya betul (surut)," katanya melalui pesan singkatnya, Kamis (15/11/2018).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Kamis ini, sebagian daerah yang terendam banjir di Kecamatan Baleendah, Kecamatan Dayeuhkolot, dan Kecamatan Bojongsoang sebagian besar sudah surut.

Namun menurut Sudrajat, masih ada beberapa daerah yang terdapat genangan dan kini mulai berkurang dan surut.

"Belum (semua) tinggal sebagian kecil, hanya genangan," tuturnya.

Baca juga: Jalur Andir Beleendah dan Dayeuh Kolot Banjir, Lalu Lintas di Kabupaten Bandung Tersendat

Meski sebagian besar daerah sudah surut, namun sejumlah pengungsi masih ada yang bertahan di tempat pengungsian. Di Kecamatan Baleendah sendiri pengungsi di Gedung Inkanas ada 62 KK, 213 jiwa, 44 lansia, dua orang ibu hamil, dan 19 balita.

Di Kecamatan Dayeuhkolot, pengungsi yang bertahan di Mesjid Al-Mustopa ada sekitar 7 KK, 15 jiwa, dan 4 lansia, sedang di Mesjid Baitul Haq ada 7 KK, 20 jiwa, dan tiga lansia.

"Total keseluruhan pengungsi di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot,dan Bojongsoang, ada 91 KK, 323 jiwa, 53 lansia, dua ibu hamil, dan 19 balita. Sedang pengungsi longsor gunung Bubut ada 16 kk, 64 jiwa," katanya.

Baca juga: Kabupaten Bandung Tergenang Banjir, Ketinggian Capai 2 Meter

Seperti diketahui, banjir di Kabupaten Bandung sempat merendam empat kecamatan, bahkan beberapa titik jalan sempat lumpuh lantaran terendam banjir, hal itu mengganggu laju kendaraan sehingga mengakibatkan kepadatan.

Pihak kepolisian pun terjun ke lapangan berupaya mengurai kepadatan. Menurutnya, banjir disebabkan intensitas hujan tinggi yang mengguyur Bandung raya sejumlah anak sungai Citarum seperti sungai Cisangkuy, Sungai Cikapundung, Sungai Palasari dan Sungai Cigede pun meluap kedaratan dan menggenangi pemukiman warga.

Meski merendam sejumlah pemukiman warga namun sebagian besar warga masih bertahan, hanya beberapa keluarga yang memutuskan untuk mengungsi di tempat pengungsian yang telah disediakan pihak BPBD Kabupaten Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com