Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Harimau Sumatera yang Masuk Pasar, Masih Terjebak di Lorong Ruko

Kompas.com - 15/11/2018, 11:37 WIB
Citra Indriani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com — Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) masih terjebak di lorong ruko pasar di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Kamis (15/11/2018).

"Hingga pagi ini masih bertahan di lorong. Sekarang sudah dipasang jaring dan dijaga oleh petugas kepolisian, TNI, dan masyarakat," kata Camat Pulau Burung M Yusuf saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/11/2018).

Baca juga: Harimau Sumatera Masuk Pasar, Bermain di Sela Ruko hingga Bikin Warga Terkejut

Menurut dia, jaring tersebut dipasang sejak Rabu (14/11/2018) sore supaya harimau tidak keluar dari lorong sempit tersebut.

"Tadi malam saat diberikan penerangan oleh warga, harimaunya sempat mengaum. Berarti dia masih ada di situ," ungkap Yusuf.

Namun, hingga saat ini tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau belum sampai ke lokasi.

"Tadi pukul 08.00 pagi saya telepon, tim masih di jalan mau ke sini. Katanya mereka kesulitan mencari bahan bakar untuk speedboat," katanya.

Baca juga: Warga Sebuah Pasar di Riau Ini Dihebohkan dengan Munculnya Harimau Sumatera

Tim berangkat dari Pekanbaru ke Inhil memakan waktu sekitar 6 jam. Kemudian untuk menuju Pulau Burung harus melewati jalur air dengan jarak tempuh sekitar 3 jam dan menuju ke lokasi sekitar 1 jam.

"Kalau tim berangkat dengan speedboat BPBD, bisa cepat sampai ke lokasi," tutur Yusuf.

Hingga saat ini, petugas kepolisian, TNI, dan warga masih melakukan penjagaan terhadap harimau yang berada di lorong ruko.

"Masih dijaga karena kami khawatirkan nanti harimaunya keluar. Warga dan petugas juga sudah pasang kerangkeng. Sekarang kita menunggu tim BBKSDA Riau," tambahnya.

Baca juga: Mendadak Viral, Foto Rumah Klasik Bohemian Rapsody di Blitar

Sebelumnya diberitakan, seekor harimau sumatera masuk ke kawasan pasar di Kecamatan Pulau Burung, Inhil, Rabu (14/11/2018).

Kemunculan harimau ini mengejutkan warga dan menjadi tontonan. Sang harimau tampak bermain-main hingga terjebak di sela-sela ruko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com