Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato di Depan Ribuan Wisudawan Unpas, Sandiaga Berharap Lulusan Baru Ciptakan Lapangan Kerja

Kompas.com - 14/11/2018, 13:32 WIB
Putra Prima Perdana,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Calon wakil presiden RI nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan sambutan dalam kegiatan wisuda mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) di Gedung Sasana Budaya Ganesa, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (14/11/2018).

“Senang hari ini bisa berjumpa 3.500 wisudawan wisudawati yang akan menjadi pelopor terbentuknya suatu visi baru, mindset baru, bahwa mereka bukan hanya pencari lapangan kerja justru juga mereka menjadi pencipta lapangan kerja,” kata Sandiaga, Rabu pagi.

Sandiaga berjanji, jika terpilih sebagai pemimpin negara dalam ajang pilpres 2019 mendatang, pemerintah akan memfasilitasi para lulusan perguruan tinggi dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan.

“Mereka akan menjadi enterpreneur-enterpreneur yang akan difasilitasi oleh program-program yang memberikan tambahan pelatihan dan pendampingan dan mereka akan mampu juga untuk menjadi inovator-inovator,” ucapnya.

Baca juga: Sandiaga: Bangsa Indonesia Ibarat Bubur Ayam Mang Haji Oyo, Lengket dan Kental

Sandiaga pun mengapresiasi Universitas Pasundan yang mengedepankan sektor kewirausahawan dalam pendidikan.

“Banyak sekali sektor yang bisa dikembangkan dan Unpas ini banyak memberikan penekanan kepda kewirausahaan dan ini yang menurut kami bisa menjadi lokomotif untuk membangun ekonomi kita ke depan,” tuturnya.

Dalam pidatonya, Sandiaga juga menceritakan kisah perjuangan hidupnya yang pernah mengalami PHK.

“Pada 20 tahun lalu saya pernah di-PHK tapi saya berusaha bangkit. Tadi saya juga sampaikan masa depan di tangan kalian (lulusan baru). Kalian bisa menggapai masa depan dengan baik kalau terus bersikap positif optimis semangat dan menjadi bagian dari solusi yaitu membuka usaha. Karena pasar kira-kira akan menjadi pasar terbesar mencapai 110 sampai 120 juta pasar konsumsi di tahun 2030,” ungkapnya.

Sandiaga menjelaskan, ke depan, dia ingin menggaet dan bekerjasama dengan wirausahawan yang inovatif dan mau mengambil risiko.

“Juga yang bisa secara proaktif mengembangkan pasar kita. Jangan wirausahawan yang masih berpola pikir bahwa ini negara kita dan ini menjadi pasar saja. Tapi kita harus mampu untuk menjadikan mereka berdaya saing dan pola pikirnya itu pola pikir kolaborasi,” tandasnya.

Kompas TV Gibran Muhammad akan membawa anda mencari tahu apa saja yang sedang hangat diperbincangkan terkait sosok calon wakil presiden di jagad media sosial utamanya di Facebook.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com