Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di 7 Desa Cilacap Terendam Banjir

Kompas.com - 13/11/2018, 17:01 WIB
Iqbal Fahmi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


CILACAP, KOMPAS.com - Tujuh desa di Kecamatan Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat hujan ekstrem yang terjadi sejak Senin (12/11/2018).

Tujuh desa yang terdampak antara lain Desa Nusawungu, Klumprit, Kedungbenda, Banjareja, Nusawangkal, Karangsembung, Purwodadi.

Kepala UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kroya, Cilacap, Gunardi melalui keterangan tertulis, Selasa (13/11/2018) mengatakan, saat ini ketinggian air berkisar antara 10-70 sentimeter.

Baca juga: Ribuan Pengungsi Gempa Mamasa Terendam Banjir di Tengah Lapangan Bola

"Air yang menggenangi wilayah Kecamatan Nusawungu merupakan luapan dari Sungai Jambe dan Sungai Sibelis," kata dia.

Gunardi merinci, dari tujuh desa tersebut, air sudah masuk ke sedikitnya 356 rumah. Jika hujan terus berlanjut, kata dia, maka ada sekitar 2.281 rumah yang terancam tergenang.

"Sementara aktivitas warga masih berjalan, kami mengimbau warga untuk waspada ketika hujan kembali turun dengan intensitas tinggi," tutur dia.

Baca juga: Diguyur Hujan Semalaman, Kota Palembang Dikepung Banjir

Selain itu, banjir juga mengakibatkan 230 hektar sawah dan rawa ikut terendam. Beruntung saat ini belum memasuki musim tanam sehingga kerugian dapat ditekan.

"Untuk kerugian masih ditaksir, namun dampak terparah ada di Desa Banjareja, dengan kerugian pertanian dan ternak warga senilai Rp 22.500.000," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com