Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 BERITA POPULER NUSANTARA: Kebebasan Nuril Terancam hingga Kisah Insiden Bianglala di Yogya

Kompas.com - 13/11/2018, 09:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebebasan Baiq Nuril terancam hilang usai divonis bersalah oleh MA menjadi sorotan pembaca. Vonis MA tersebut berbeda dengan hasil vonis PN Mataram dalam kasus pelanggaran UU ITE tahun 2017 lalu.

Selain itu, berita tentang video sejumlah perilaku sejumlah siswa di SMK NU 03 Kendal juga menyita perhatian.

Kisah tentang wasiat salah seorang korban Lion Air terhadap calon istrinya mengundang simpati masyarakat.

Berikut ini secara lengkap 5 berita populer Nusantara di Kompas.com.

1. Kebebasan Nuril terancam terenggut

Nuril bersama suaminya, Lalu Isnaini (kaos krem), berbincang dengan aktivis SAFEnet dan PAKU (Payuguban Korban UU ITE) di rumahnya di Labuapi, Lombok Barat.KOMPAS.com/ FITRI RACHMAWATI Nuril bersama suaminya, Lalu Isnaini (kaos krem), berbincang dengan aktivis SAFEnet dan PAKU (Payuguban Korban UU ITE) di rumahnya di Labuapi, Lombok Barat.

Baiq Nuril Maknun adalah seorang pegawai honorer bagian Tata Usaha (TU) SMU 7 Mataram. Dirinya hanya bisa menangis saat Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi Kejaksaan Tinggi NTB dengan vonis 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta rupiah terhadap dirinya.

Hal itu membuat Nuril harus masuk penjara atas kasus dugaan menyebarkan percakapan asusila Kepala Sekolah SMU 7 Mataram, Muslim, setahun lalu.

“Untuk pak Presiden, saya cuma minta keadilan, karena saya di sini cuma korban. Apa saya salah kalau saya mencoba membela diri saya dengan cara-cara saya sendiri? Saya minta keadilan,” kata Nuril sambil terisak, Senin (12/11/2018).

Baca berita selengkapnya: Baiq Nuril: Pak Presiden, Saya Minta Keadilan, Saya Cuma Korban...

2. Siswa penganiaya sang guru tak tahu siapa yang mengunggah video

Bupati Kendal Mirna Anissa saat berada di SMK NU 03 Kaliwungu Kendal, Senin (12/11/2018). Kompas.com/SLAMET PRIYATIN Bupati Kendal Mirna Anissa saat berada di SMK NU 03 Kaliwungu Kendal, Senin (12/11/2018).

Video guyonan antara beberapa siswa dan guru SMK NU 03 Kaliwungu Kendal Jawa Tengah yang viral di media sosial, diunggah oleh orang tak dikenal.

Menurut pengambil gambar, AG, siswa kelas X TKR SMK NU 03 Kaliwunggu Kendal, dirinya spontan mengambil gambar lewat handphone. Lalu gambar itu, ia jadikan story di WhatsApp.

“Tahu – tahu ada yang mengunggah di Facebook,” kata AG, Senin (12/11/2018). AG mengaku menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatannya itu.

“Sebenarnya kami hanya guyonan,” ujarnya.

Baca berita selengkapnya: Viral Guru SMK Dikeroyok Siswanya di Kendal, Ini Pengakuan Pembuat Videonya

3. Wasiat calon suami, korban Lion JT 610, untuk Intan

Intan Indah Sari (25) mengenakan pakaian pengantin yang sebelumnya dipesan calon suami yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610KOMPAS.com/HERU DAHNUR Intan Indah Sari (25) mengenakan pakaian pengantin yang sebelumnya dipesan calon suami yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610

Intan Indah Sari (25) mendatangi tempat pakaian pengantin Adiela Organizer di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (11/11/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com