Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baliho Caleg PSI Ambruk Menimpa Warga, Tiga Orang Terluka

Kompas.com - 12/11/2018, 14:33 WIB
Muhlis Al Alawi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com — Tiga orang dilaporkan luka-luka setelah sebuah baliho caleg DPR RI asal Kota Madiun ambruk diterjang angin kencang di Rejomulyo, Kota Madiun, Jawa Timur.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Madiun, Jawa Timur, Kokok Heru Purwoko yang dihubungi Kompas.com, Senin ( 12/11/2018), membenarkan peristiwa tersebut. Baliho yang ambruk itu bergambar caleg DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia.

"Peristiwanya terjadi kemarin sore. Baliho itu ambruk menjatuhi seorang ibu, warga Jalan Sarimulyo, Kota Madiun, yang dibonceng tiga anaknya dengan sepeda motor," ujar Kokok.

Akibat peristiwa itu, lanjut Kokok, ibu bernama Jumiatun dan dua anaknya, Muhammad Zainudin dan Ima, dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sementara Rasid, anaknya yang berumur satu tahun, tidak terluka. Setelah dirawat sesaat, ibu bersama dua anaknya dipulangkan ke rumahnya.

Menurut Kokok, Bawaslu Kota Madiun sudah menghubungi pemilik baliho, Andro Rohmana P, caleg DPR RI Dapil Jawa Timur VII bersama partainya.

Baca juga: 3 Warga Nagekeo di NTT Tertimbun Longsor, 1 Orang Dikabarkan Tewas

Saat dihubungi, Andro sedang berada di Jakarta, tetapi Andro menyatakan siap bertanggung jawab.

Kokok menambahkan, Bawaslu Kota Madiun tidak dapat memproses ambruknya baliho itu ke ranah pidana. Sebab, tidak ada jeratan hukum pidana terkait masalah tersebut.

"Tadi kami imbau (korban) untuk melaporkan ke polsek saja," jelas Kokok.

Kendati demikian, Bawaslu tetap memediasi agar caleg pemilik baliho itu membantu korban.

Dia juga bersurat resmi kepada seluruh caleg dan partai agar memperkuat baliho yang dipasang di pinggir jalan. Dengan demikian, kasus baliho ambruk dan menimpa pengguna jalan tidak terjadi lagi.

Baca juga: Tiga Makam di Bogor Longsor, 3 Jenazah Ikut Hilang

Sementara itu, pemilik baliho, Andro Rohmana yang dikonfirmasi terpisah, menyatakan siap bertanggung jawab mengobati warga yang terluka. Ia mendapatkan informasi peristiwa itu dari Bawaslu Kota Madiun.

"Apabila memang baliho tersebut jatuh karena faktor alam dan melukai warga, saya pastinya akan sepenuhnya bertanggung jawab mengobati warga yang terluka," ujar Andro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com