Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surya Paloh Optimistis 100 Kursi Nasdem di DPR, tetapi Ini Syaratnya

Kompas.com - 11/11/2018, 18:42 WIB
Labib Zamani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Partai Nasdem optimistis target 100 kursi DPR RI akan tercapai pada Pemilu 2019 jika 10 Daerah Pemilihan (Dapil) di Jawa Tengah semuanya terisi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat membuka Konsolidasi dan Pembekalan Caleg Partai NasDem se-Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, di De Tjolomadoe Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (11/11/2018).

Menurut dia, target 100 kursi DPR RI tersebut bukan imajinasi, bukan tidak realistis. Tetapi, bisa direbut dengan catatan Jawa Tengah harus menjadi tulang punggung.

"Ada 10 dapil saya berdoa. Saya berharap jangan ada satu pun dapil yang kosong, siap," kata Surya Paloh, di hadapan ribuan caleg.

"Jangan ada satu pun dapil khususnya DPR RI yang kosong, siap. Saya mau itu terealisasikan," lanjut dia.

Paloh yakin, jika 10 dapil Jawa Tengah semuanya tersisi maka 100 kursi DRP RI tercapai.

"Apabila target itu tidak tercapai sayalah ketua yang bersalah di hari baik ini. Mari kita berdoa supaya itu jangan terjadi," kata Surya Paloh.

Menurut dia, motivasi penting untuk mewujudkan cita-cita Partai Nasdem menjadi tiga besar di parlemen pada Pemilu 2019.

Ia mengakui bahwa kekuatan terbesar partai politik di Jawa Tengah adalah PDI Perjuangan.

"Saya memahami Provinsi Jawa Tengah memiliki ciri khas. Kekuatan utama dari partai politik di luar Nasdem sudah jelas yang menonjol adalah saudara tua kita, dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Banyak saudara tua karena kita yang paling bungsu. Tetapi, Insya Allah saudara tua lebih besar, lebih hebat kita hormati. Tetapi ada saudara tua, kita yang paling muda," ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Tengah Setyo Maharso mengatakan Jawa Tengah merupakan barometer nasional dalam pemenangan kontestasi Pilpres maupun Pileg 2019.

"Dibutuhkan kerja keras untuk memenangkan kontestasi untuk mewujudkan Partai Nasdem menuju tiga besar nasional," kata dia.

Setyo menyebutkan, ada 1.850 anggota calon legislatif meliputi kabupaten/kota, provinsi dan DPR RI se-Jateng.

Selain itu, 252 anggota calon legislatif kabupaten/kota, provinsi dan DPR RI se-DIY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com