Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Pakai KA Bandara, Solo Balapan-Adi Soemarmo Kira-kira 20 Menit

Kompas.com - 10/11/2018, 22:49 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi


BOYOLALI, KOMPAS.com - Kereta api (KA) Bandara Adi Soemarmo ditargetkan beroperasi pada Mei 2019.

KA Bandara akan melalui rute Stasiun Solo Balapan (Solo) - Bandara Adi Soemarmo (Boyolali) sepanjang 13 kilometer.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan rute tersebut, waktu tempuh kereta bandara dari Stasiun Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo hanya 20 menit.

"Nanti dari Solo ke sini (Bandara Adi Soemarmo) kira-kira 20 menit lah," kata Menhub saat meninjau progres pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo Solo, di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (10/11/2018).

Baca juga: Menhub: Progres Pembangunan KA Bandara Solo Sudah 30 persen

Progres pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo telah mencapai 30 persen. Pembangunan KA Bandara dimulai sejak tahun 2017 ini menelan anggaran senilai Rp 600 - Rp 800 miliar.

Fasilitas antarmoda tersebut, lanjut Menhub, mempermudah akses masyarakat dari daerah menuju bandara.

Terlebih lagi, dengan pembangunan Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) yang ditargetkan rampung pada April 2019.

"Tadinya orang masih terbagi-bagi angkutan, tapi sekarang cukup satu (kereta bandara). Dan yang bagus berhubungan dengan Bandara Yogyakarta (Adi Soetjipto) dan Kulonprogo. Tiga bandara dijadikan satu interconnection, dari mana ke mana saling berhubungan," tutur Menhub.

Kompas TV Penyidik Polrestabes Surabaya telah memeriksa empat saksi insiden penonton drama tewas tertabrak kereta. Yaitu dari Pemkot Surabaya, panitia drama kolosal, PT KAI dan Pemprov Jawa Timur. Polisi masih menganalisis hasil olah TKP dan surat izin panitia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com