Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jawa Timur, Partai Nasdem Bidik 11 Kursi DPR RI

Kompas.com - 08/11/2018, 16:25 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Partai Nasdem menargetkan bisa meraih 11 kursi DPR RI dari Jawa Timur, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Ketua DPP Partai Nasdem Sri Sajekti Sudjunadi meyakini target 11 kursi dari Jatim tersebut bisa diraih.

Pada Pemilu 2019, perebutan kursi legislatif untuk DPR RI di Jawa Timur, dibagi menjadi 11 daerah pemilihan (dapil).

Partai Nasdem, ungkap Sri, memiliki para calon anggota legislatif untuk pemilihan anggota DPR RI yang tersebar di 11 dapil di Jatim.

Baca juga: Didoakan Jokowi Masuk 3 Besar, Ini Respons Nasdem

Sebaran Caleg DPR RI dari Partai Nasdem yang merata di setiap dapil, diyakini bisa mewujudkan target mendapatkan masing-masing 1 kursi dari setiap dapil di Jatim.

"Untuk nasional, dari Jawa Timur ini ada 11 dapil. Targetnya, tentu minimal 11 (kursi)," kata Sri, di Jombang, Kamis (8/11/2018).

Menurut Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan ini, target 11 kursi DPR RI dari Jawa Timur merupakan target yang realistis.

Partai Nasdem, lanjut dia, saat ini dalam kondisi solid dan memiliki modal yang cukup dari Pemilu sebelumnya.

Sri mengatakan, pada Pemilu 2014, Partai Nasdem mendapatkan 7 kursi DPR RI dari Jawa Timur. Pencapaian itu diharapkan bisa meningkat pada Pemilu 2019.

"Tetapi karena pada (Pemilu) 2014 lalu (Partai) Nasdem sudah punya 7 kursi (DPR RI), maka kami berharap di dapil-dapil yang kami sudah punya petahana itu, ada dapil yang (memperoleh) dua," ujar dia.

Baca juga: Nasdem Yakin Bisa Menangkan Jokowi-Maruf di Jawa Timur, Ini Strateginya

Ditambahkan, Partai Nasdem secara nasional membidik 100 kursi DPR RI. Sedangkan, untuk Pemilihan Legislatif DPRD Jawa Timur, Partai Nasdem menargetkan meraih 14 kursi.

"Kalau untuk (DPRD) Jatim target kami 14 (Kursi). Kami optimis bahwa 14 kursi (DPRD Jatim) itu adalah target yang realistis," ujar dia.

Selain membidik 11 kursi DPR RI di Jawa Timur, Partai Nasdem juga menargetkan kemenangan maksimal bagi Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Sri mengatakan, memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Timur pada Pilpres 2019, merupakan kewajiban bagi seluruh kader Partai Nasdem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com