Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SAR Bandung Kirim 15 Personel Bantu Evakuasi Korban Banjir Tasikmalaya

Kompas.com - 07/11/2018, 15:39 WIB
Farida Farhan,
Khairina

Tim Redaksi

 

KARAWANG, KOMPAS.com-Kantor SAR Bandung mengirimkan 15 personelnya untuk membantu evakuasi dan pencarian korban banjir di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Demikian disampaikan Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah, di posko evakuasi korban dan pesawat Lion Air PK-LQP Tanjungpakis, Karawang, Rabu (7/11/2018).

"Ada 15 personel yang diberangkatkan," ujarnya.

Baca juga: Lima Orang Tewas pada Bencana Banjir di Tasikmalaya, Ini Kronologisnya

Deden menyebutkan, Pos SAR Tasikmalaya dan diperkuat SAR Jabar akan bersama-sama melakukan evakuasi korban banjir yang diduga ada yang belum ditemukan.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPDB (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi (Jawa Barat) untuk BKO, agar bersama-sama melakukan evakuasi dan pencarian korban yang diduga ada korban yang belum ditemukan," katanya.

Deden menyebutkan, meski terjadi banjir di Tasikmalaya, jumlah personel untuk evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di perairan Karawang tidak dikurangi.

"Jumlah personel untuk evakuasi korban pesawat Lion Air di Tanjungpakis, Karawang, tidak dikurangi," tambahnya.

Kompas TV Akibat meluapnya aliran sungai Batang Maek, sungai Batang Agam dan sungai Batang Kapur, 7 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di kabupaten Limapuluh Kota provinsi Sumatera Barat, hingga saat ini masih tergenang banjir. Ketinggian air beragam, mulai dari 20 cm hingga 1 meter. 3 kecamatan di antaranya yakni kecamatan Harau, kecamatan Mungka dan kecamatan Lareh Sago Halaban menjadi daerah terparah terdampak banjir. Meski tidak ada korban jiwa, banjir telah menggenangi rumah warga, merusak lahan pertanian dan mengganggu akses jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com