Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polemik Sekda Kota Bandung, Sekda Jabar Minta Oded Segera Lantik Benny Bachtiar

Kompas.com - 07/11/2018, 12:17 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa meminta Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk segera melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

Iwa mengatakan, perintah tersebut sesuai dengan amanat dari Kementerian Dalam Negeri.

Iwa pun telah menerima surat balasan dari Kemendagri dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai jawaban atas surat yang dilayangkan Oded terkait ajuan penggantian Sekda Kota Bandung pada 29 Oktober 2018 lalu.

Dalam surat balasan tersebut, kata Iwa, Kemendagri dan KASN tetap memerintahkan Oded untuk melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

"Gubernur beri arahan dan saya sudah menandatangani atas surat kuasa bapak gubernur untuk meminta kepada Wali Kota Bandung melaksanakan sesuai rekomendasi tertulis dari Kemendagri maupun dari KASN itulah yang harus dilaksanakan," katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (7/11/2018).

"Jadi prinsipnya apa yang diputuskan Kemendagri dan Komisi ASN, itu (Benny) harus dilantik," tambah Iwa.

Baca juga: Pelantikan Benny Bachtiar Jadi Sekda Kota Bandung Dinilai Mendesak

Jika kinerja Benny tak sesuai harapan Wali Kota, sambung Iwa, Oded bisa kembali mengajukan untuk melakukan penggantian sekda.

"Apabila nanti proses setelah dilantik berdasarkan evaluasi dari wali kota ada kinerjanya gak sesuai yang diharapkan, ada proses selanjutnya sesuai peraturan," ucap Iwa.

Iwa pun berharap proses pelantikan Benny bisa dilaksanakan secepatnya agar tak menghambat proses pembahasan anggaran 2019.

"Secepatnya karena ini akan menghambat proses pembanguann berikutnya. Ya, semakin lama dilakukan semakin lama pula, apalagi sekarang ada pembahaaan APBD 2019, dan RPJMD 2018-2023, itu sebagai pondasi di Kota Bandung," jelasnya.

Baca juga: Kemendagri: Lantik Dulu Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung, Ganti kalau Kinerjanya Buruk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com