Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Lahir dengan Usus di Luar Perut Ini Membutuhkan Bantuan

Kompas.com - 06/11/2018, 16:03 WIB
Defriatno Neke,
Khairina

Tim Redaksi

BAUBAU, KOMPAS.com – Seorang bayi yang berusia sekitar dua minggu menjalani perawatan intensif di ruangan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Bayi yang bernama Muhammad Azri ini mengalami kelainan yakni lahir tanpa penutup perut sehingga ususnya keluar.

“Ini bawaan genetik atau lahir yang dinamakan gastroschisis. Bayinya lahir tanpa pembungkus perut, sehingga ususnya keluar. Ini terbilang langka, 1 banding 2000 kelahiran,” kata Ahmad Aulia Rojali, dokter yang menangani bayi tersebut, Selasa (6/11/2018).

Baca juga: Dua Tahapan Penting Merawat Kulit Bayi

Bayi ini harus dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas lengkap untuk menjalani operasi di Makassar.

“Kami tidak bisa tangani lebih lanjut, harus dirujuk ke rumah sakit yang punya fasilitas lebih. Penangananan ini membutuhkan dokter bedah anak dan fasilitas NICU yang lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, Ibu Muhamad Azri, Nur Fatimah (23), mengaku tidak punya biaya untuk membawa anak pertamanya ini ke Makassar.

Ia menambahkan, pekerjaannya hanyalah seorang ibu rumah tangga sedangkan suaminya, Sarifudin (23) pekerjaannya serabutan.

“Itu yang kami pikirkan sama suami. Bagaimana biaya operasi kan mahal, apalagi, kondisi ekonomi yang belum memungkinkan. Kami berharap, anak kami ini ada rezeki untuknya,” ucap Nur Fatimah.

Saat ini Nur Fatimah membutuhkan biaya sekitar Rp 30 juta untuk biaya operasi di Rumah Sakit Wahidin Makassar.

“Biaya perawatan bayi saya di rumah sakit ini sekitar Rp 3 juta, belum juga saya bayar. Saya berharap, semoga ada dermawan yang bisa membantu bayi saya, untuk memberi uluran tangganya. Ini harapan saya sebagai seorang ibu,” harapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com