Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Tewas Akibat Banjir Bandang di Tasikmalaya Selatan

Kompas.com - 06/11/2018, 13:50 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat, dua warga di daerah pesisir Desa Cipatujah meninggal akibat banjir pada Selasa (6/11/2018) dini hari.

Korban diketahui terbawa arus air saat banjir bandang menerjang Kampung Jajaway, Desa/Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

"Banjir di Kampung Jajaway menyebabkan dua warga meninggal dunia terbawa arus," jelas Indra, Pusdalpops BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Selasa siang.

Pihaknya sampai sekarang sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat bagi korban banjir di lokasi kejadian. Sedangkan warga lainnya di beberapa desa sekitarnya yang terdampak bencana banjir telah diungsikan untuk menghindari kejadian bencana susulan.

"Kalau warga yang rumahnya di sekitar lokasi kejadian susah mengungsi, karena hujan masih terus mengguyur sejak tadi sampai siang ini," ungkap Indra.

Baca juga: Hujan Deras, Jembatan Penghubung Tasikmalaya-Garut Selatan Putus

Banjir terjadi saat intensitas hujan tinggi terus mengguyur kawasan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Hujan menyebabkan arus Sungai Pasanggrahan meluap dan meluber ke pemukiman warga. Banjir bandang itu akibat arus air di sungai tak bisa menuju laut karena tertahan air laut sedang pasang.

"Kebetulan air laut juga sedang pasang, jadi arus sungai tak mengalir ke laut dan membuat banjir di sekitar sungai tersebut," ungkapnya.

Selain bencana banjir, sebuah jembatan yang menghubungkan Tasikmalaya-Garut Selatan putus total.

Baca juga: Diguyur Hujan 3 Jam, Banjir di Parepare Tinggalkan Tumpukan Sampah hingga 1 Meter

Jembatan dengan panjang sekitar 100 meter tersebut ambruk terbawa arus sungai yang besar. Sampai sekarang tim dari BPBD, TNI, Polri dan warga sekitar sedang melakukan evakuasi korban banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com