Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Mamasa Pukul 02.35 Dini Hari, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Kompas.com - 06/11/2018, 10:35 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.com – Saat kebanyakan warga terlelap tidur pukul 02.35 WITA, gempa berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat

Warga Mamasa berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri saat guncangan keras gempa melanda. Mereka panik jika terkena reruntuhan rumahnya. 

Warga yang ketakutan langsung meningalkan rumah dan harta benda mereka sambil membawa anak-anak dan pakaian seadanya. 

Para warga berhamburan ke luar rumah menuju jalan raya yang jauh dari bangunan. 

Saat gempa, infrastruktur jaringan listrik di kota itu padam total sehingga warga yang berhamburan keluar rumah tampak bingung mencari lokasi pengungsian yang aman untuk keluarga dan anak-anak mereka.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,5 di Mamasa, Getarannya Terasa Sampai Palopo

Banyakanya warga yang panik dan mengungsi tengah malam membuat jalan-jalan di kota Mamasa macet.

Di sepanjang jalan terlihat ribuan warga berderet sambil mengendong anak-anak atau membawa sebagian harta benda atau barang-barang penting lainnya dari rumahnya.

Frendy, warga Mamasa yang ditemui Kompas.com, ikut mengamankan keluarganya saat gempa terjadi dini hari. Dia mengaku bingung lantaran listrik padam total.

Selain itu, jaringan internet juga tak berfungsi dan membuat warga kesulitan untuk saling berkomunikasi.

“Lampu padam total saat gempa. Semalam dua kali dirasakan gempa keras, tapi paling keras yang pertama sekitar pukul 1.30,” jelas Frendy. 

Baca juga: Mamasa Diguncang Gempa, Belasan Siswi Pingsan

Sebagai catatan, kota Mamasa beberapa kali memang diguncang gempa dalam empat hari terakhir. Banyaknya gempa yang terjadi membuat warga khawatir dan was-was, serta tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaannya sehari-hari. 

BMKG mencatat gempa di Mamasa bermagnitudo 5,5 pukul 01:35:53 WIB, berlokasi 2,93 LS, 119,44 BT, 12 km dari Tenggara Mamasa, Sulbar, dengan kedalaman 10 Km.

Gempa dengan getaran cukup keras ini dirasakan warga hampir di semua wilayah kabupaten di Sulawesi Barat seperti di Polewali Mandar, Majene, Mamuju dan wilayah lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com