Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu 2019, Penyandang Disabilitas di Jombang Minta KPU Perbaiki Kualitas Petugas TPS

Kompas.com - 05/11/2018, 18:16 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


JOMBANG, KOMPAS.com - Para penyandang disabilitas di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berharap agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersiapkan hajatan Pemilu 2019 tersebut dengan baik.

Salah satunya, mengenai kesiapan petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam melayani kebutuhan atau memahami kondisi pemilih disabilitas.

Ketua Ikatan Penyandang Cacat (IPC) Jombang, Suliyono mengungkapkan, dari sejumlah persoalan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu yang diinventarisir oleh IPC, di antaranya adalah petugas di TPS yang tidak mengerti kebutuhan ataupun memahami kondisi para penyandang disabilitas.

Baca juga: Sopir Bus Usir Penumpangnya karena Tak Beri Jalan bagi Disabilitas

"Kalau mau diperbaiki, salah satunya ya kesiapan petugas di TPS. Pemahaman (petugas) soal kecacatan," kata Suliyono, ditemui di Kantor KPU Jombang, Senin (5/11/2018).

Petugas di TPS yang tidak memahami kondisi para penyandang disabilitas menurut dia berdampak pada perlakuan petugas kepada para penyandang disabilitas.

"Masalah yang seringkali kami temui, selain TPS yang tidak akseptabel, juga petugas di TPS yang tidak memahami teman-teman difabel," beber Sulis, sapaan akrabnya.

Dia mencontohkan, dalam hal pemberian waktu kepada pemilih dari kalangan penyandang disabilitas untuk memasuki bilik suara, petugas di TPS menyamakan waktunya dengan orang lain yang bukan penyandang disabilitas.

"Misalnya, soal penyediaan waktu. Teman-teman difabel diminta cepat-cepat seperti yang lain. 'Ayo cepet-cepet', itu betul terjadi. Kami berharap (perilaku) itu bisa diperbaiki," lanjut penyandang tuna daksa ini.

KPU Jombang undang penyandang disabilitas

Puluhan penyandang disabilitas di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menghadiri acara sosialisasi Pemilu 2019 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, Senin (5/11/2018).

Baca juga: Hargai Sesama, Jauhkan 5 Sikap Ini pada Penyandang Disabilitas

Dalam kegiatan tersebut, para penyandang disabilitas menerima penjelasan dari KPU Jombang terkait pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan berlangsung bersamaan pada 17 April 2019

Anggota KPU Jombang, Moch Fatoni mengungkapkan, pihaknya mengundang para penyandang disabilitas agar mereka bisa partisipasi dengan baik pada Pemilu 2019 mendatang.

"Mereka kita hadirkan di sini supaya bisa memahami pelaksanaan Pemilu yang akan datang dan bisa menyampaikan kepada teman-teman lainnya sesama penyandang disabilitas," ungkap anggota KPU Jombang, Moch. Fatoni.

Disebutkan, berdasarkan pendataan awal KPU, terdapat sedikitnya 1.300 pemilih di Kabupaten Jombang yang masuk sebagai penyandang disabilitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com