Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Korban dan Puing Lion Air, 120 Personel SAR Sisir Daratan Pantai di Karawang

Kompas.com - 04/11/2018, 15:37 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pada hari ketujuh pencarian korban tragedi Lion Ari JT 610, Minggu (4/11/2018), Tim SAR dari Posko Tanjungpakis merjunkan 120 personel untuk  menyisir daratan di  Pantai Tanjungpakis hingga Pantai Sedari, Karawang.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengungkapkan, sebanyak 120 personel itu dibagi menjadi dua tim. Tim pertama melakukan penyisiran hingga ke Muara Gembong sepanjang delapan kilometer. Sementara tim kedua menyisir ke arah timur sekitar 20 kilometer hingga Pantai Sedari.

"Tim yang ke Muara Gembong kekuatan 12 karena jaraknya lebih pendek, sisanya ke arah timur," ujar Deden ditemui di Posko SAR Tanjungpakis, Karawang, Minggu (4/11/2018).

Baca juga: Bagian Tubuh Korban Lion Air Akan Diberi Label di Posko Tanjung Priok

Deden menyebutkan, evakuasi darat tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya body part atau bagian tubuh dan properti korban maupun puing pesawat yang terbawa hingga pesisir pantai.

"Evakuasi darat hanya membantu segala kemungkinan, karena beberapa body part baik pesawat maupun korban sempat ditemukan di pinggir pantai," tambah Deden.

Sedangkan untuk evakuasi dan penyisiran di perairan, tim menggunakan enam perahu karet dengan jumlah personel 40 orang.

Baca juga: Kabasarnas: Bodi Lion Air JT 610 Belum Ditemukan

Dalam menjalankan tugas, kata Deden, pihaknya meminta petugas mengutamakan keselamatan diri dan menjaga kekompakan.

"Dalam hal melaksanakan pencarian diimbau mengedepankan menjaga keselamatan. Tetap jaga kondisi, keamanan, dan kekompakan. Sehingga, kesinergitasan membuahan hasil maksimal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com