Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar Singapura hingga Foto Hasil USG Ditemukan di Lokasi Jatuhnya Lion Air JT 610

Kompas.com - 02/11/2018, 17:45 WIB
Farida Farhan,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pada hari kelima pencarian pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jumat (2/11/2018), tim gabungan menemukan beberapa temuan, mulai dari dollar Singapura, foto hasil USG, bagian tubuh korban, hingga serpihan pesawat.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung Harsono mengatakan, pada hari kedua pihaknya menemukan serpihan pesawat, sandal, sepatu bayi, dan bagian tubuh korban.

"Ada sekitar delapan kantong jenazah dan beberapa serpihan pesawat, yang kemudian dikirim ke posko utama (Tanjung Priok) dan kemudian diserahkan ke RS Polri Kramat Jati untuk diidentifikasi," kata Harsono di posko Kantor SAR Bandung di Pantai Tanjungpakis, Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018).

Baca juga: 5 Fakta Korban Lion Air: Jenazah Pertama Teridentifikasi hingga Jannatun Dapat Kenaikan Pangkat

Kemudian, lanjut dia, pada hari ketiga pencarian, tim gabungan menemukan tiga lembar dollar Singapura, pas foto, dan foto hasil USG di Muara Bungin, perbatasan perairan Karawang dan Kabupaten Bekasi.

"Barang-barang itu diduga kuat milik penumpang (Lion Air PK-LQP)," ungkapnya.

Harsono mengatakan, pada hari kelima pencarian, angin bertiup lebih kencang dari biasanya mencapai 10 knot dibanding hari sebelumnya yang mencapai 6 knot.

Baca juga: Detik-detik Ditemukannya Black Box Lion Air JT 610, Tak Boleh Langsung Diangkat Keluar

Meski demikian, tim gabungan tetap melakukan penyisiran hingga perairan Indramayu.

"Penyisiran dilakukan hingga 45 derajat dari sudut 45 derajat, yakni hingga perairan Indramayu. Kami (SAR Bandung) fokus pencarian di permukaan. Pencarian juga dilakukan hingga muara Sungai Citarum untuk mengantisipasi kemungkinan adanya serpihan pesawat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com