Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didoakan Jokowi Masuk 3 Besar, Ini Respons Nasdem

Kompas.com - 01/11/2018, 17:30 WIB
Hamzah Arfah,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasional Demokrat Effendi Choirie mengamini doa calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang menyebutkan bahwa Nasdem dapat masuk tiga besar perolehan suara terbanyak di Pemilu 2019.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan harapan tersebut saat menghadiri acara Apel Siaga Pemenangan dan Pengukuhan Komando Strategis Partai Nasdem Jawa Timur yang digelar di gedung Jatim Expo Surabaya, Minggu (28/10/2018) lalu.

“Mungkinkah bisa tiga besar? Apakah ini sebuah mimpi, keyakinan, obsesi, ambisi, apa rasionalisasi? Akan coba kami buktikan. Kami bekerja dari dalam (internal) dulu, baru keluar,” ujar Effendi di sela kunjungan kerja di Gresik, Rabu (31/10/2018).

“Intinya itu campuran (antara mimpi, keyakinan, obsesi, ambisi, dan rasionalisasi). Tapi beda dengan sebelumnya, karena waktu itu kami merupakan partai baru dengan struktur partai dan caleg (calon legislatif) apa adanya,” lanjut dia.

Baca juga: Jokowi: Saya Doakan Nasdem Masuk 3 Besar

Dia semakin optimistis, Nasdem bakal menjadi salah satu Parpol pengumpul suara terbanyak dalam Pemilu 2019, lantaran proses yang dilakukan saat ini sudah dianggap jauh lebih baik ketimbang periode sebelumnya.

“Sekarang dibolak-balik survei itu kan masih PDI-P, Gerindra, Golkar, Demokrat, baru Nasdem. Tapi dengan kondisi sekarang yang lebih baik, juga dengan didukung para caleg yang terdidik baik, saya optimistis bisa (tiga besar),” tutur Effendi.

“Ringkas cerita, kalau (masuk) tiga besar itu bukan mustahil, kami cukup optimistis. Apalagi dengan caleg sekarang yang lebih baik dari sebelumnya,” tambah dia.

Baca juga: Nasdem Yakin Bisa Menangkan Jokowi-Maruf di Jawa Timur, Ini Strateginya

Effendi juga menilai, Jokowi mengucapkan doa Nasdem akan bisa masuk dalam tiga besar Parpol pengumpul suara terbanyak dalam Pemilu 2019, pasti didasarkan pada pandangan dan pengetahuannya selama ini.

“Asalnya Pak Jokowi sendiri juga tidak yakin. Tapi lama-lama, masuk diakalnya juga Nasdem masuk tiga besar. Setelah lihat acara, agenda kami, itu proses pengamatan yang panjang. Jadi ini sebuah keyakinan, bukan mimpi lagi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com