Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembari Tangkap Ikan, Puluhan Nelayan Karawang Dilibatkan Cari Puing Lion Air

Kompas.com - 01/11/2018, 13:33 WIB
Farida Farhan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Puluhan nelayan yang tergabung dalam kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) dari 12 muara di sepanjang Pantai Utara Karawang, dilibatkan dalam mencari korban dan puing pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610.

"Pokmaswas dilibatkan dalam pencarian. Tapi, tidak secara langsung. Mereka (nelayan) sambil ngejaring," ujar Kasatpolairud Polres Karawang AKP Sitorus, di posko Tanjungpakis, Karawang, Kamis (1/11/2018).

Hanya saja, lanjut dia, sejauh ini belum ada nelayan yang melaporkan telah menemukan serpihan pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Tanjung Karawang itu.

Baca juga: Ahli dari Boeing Dilibatkan dalam Selidiki Jatuhnya Lion Air JT 610

"Setiap kelompok pengawas itu ada 10 nelayan. Berarti ada 120 nelayan di 12 muara. Kalau mereka menemukan, pasti langsung melaporkan ke grup. Meskipun bukan nelayan pengawas yang menemukan, pasti akan lapor kepada pokmaswas," kata dia.

Sitorus menyebutkan, bukan nelayan Karawang saja yang dilibatkan. Melainkan juga sejumlah nelayan di wilayah Kabupaten Bekasi, Subang, dan Indramayu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com