Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perampokan dan Pembunuhan Menghantui Sopir Taksi "Online" di Palembang

Kompas.com - 01/11/2018, 05:54 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kasus perampokan disertai pembunuhan menghantui sopir taksi "online" di Palembang, Sumatera Selatan.

Kasus tersebut makin terus terjadi hingga menimbulkan korban jiwa.

Dari catatan Kompas.com, sepanjang 2018 sudah dua kasus pembunuhan dan perampokan sopir taksi online berhasil diungkap oleh Polda Sumsel. Pembunuhan dan perampokan

Dalam dua kasus itu, modus yang digunakan para tersangka sama, yakni pura-pura menjadi pemesan.

Seperti halnya yang menimpa Tri Widiyantoro (44). Dia ditemukan tewas dengan kondisi tulang belulang di kawasan Parit 6, Desa Muara Sungsang, Kecamatan Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, pada Jumat (30/3/2018) silam.

Mulanya tulang belulang itu ditemukan warga dan dilaporkan kepada ke polisi. Setelah dilakukan penyelidikan serta tes DNA, ternyata tulang itu adalah Tri yang menjadi korban perampokan. Mobil korban pun hilang.

Baca juga: Sopir Taksi Online Hilang Diduga Korban Perampokan, Polda Sumsel Bentuk Tim Khusus

Empat tersangka perampokan Tri Widyantoro akhirnya ditangkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Selatan. Empat pelaku pun ternyata masih terbilang muda, yakni Bayu Irmansyah (20), Poniman (21), Tyas Dryantama (19) dan Hengki Sulaiman (20).

Dari empat tersangka, polisi harus menembak mati Poniman dan Hengki lantaran mencoba melawan dan melarikan diri saat akan ditangkap petugas.

korban Aji sopir taksi online ditemukan tewas tergantung di jembatan Bruge, kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera SelatanISTIMEWA korban Aji sopir taksi online ditemukan tewas tergantung di jembatan Bruge, kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
Modus yang digunakan oleh empat tersangka adalah berpura-pura menjadi pemesan. Selanjutnya tersangka minta diantarkan ke suatu tempat. Namun, di tengah perjalanan, Tri dibunuh oleh empat pemuda. Jasad korban selanjutnya dibuang ke semak-semak.

Selang tiga bulan kemudian, kasus pembunuhan dan perampokan kembali terjadi. Kali ini menimpa M Aji Saputra (26). Bapak satu anak ini ditemukan tewas tersangkut di jembatan Bruge, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, pada Kamis subuh (14/6/2018) lalu.

Baca juga: 3 Fakta Sopir Taksi Online Hilang di Palembang, Misteri Penumpang Laki-laki hingga HP Mati

Mulanya, ketiga tersangka hendak membuang jasad Aji usai dieksekusi. Namun, kondisi yang sudah menjelang pagi membuat para pelaku terburu-buru hingga tubuh korban tersangkut dengan kondisi leher terjerat tali.

Setelah membuang tubuh korban, tiga pelaku langsung melarikan diri serta membawa kabur mobil Aji.

Polisi pun meringkus tiga, yakni Bambang Kurniawan (25), Yogi Andriansyah (19) dan Willy (20). Bambang ditembak mati.

 

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara memperlihatakan tiga wajah pelaku perampokan disertai pembunuhan terhadap M AJi Saputra sopir taksi online yang tewas dirampok, Sabtu (16/6/2018)KOMPAS.com/ Aji YK Putra Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara memperlihatakan tiga wajah pelaku perampokan disertai pembunuhan terhadap M AJi Saputra sopir taksi online yang tewas dirampok, Sabtu (16/6/2018)

Sopir taksi online hilang

Empat bulan dari kasus Aji, kabar hilangnya sopir taksi online kembali diterima Polda Sumsel. Sofyan (43) hilang usai mengantarkan penumpang ke arah KFC Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, sejak Senin (29/10/2018) kemarin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com